News
Kamis, 22 Juni 2017 - 20:00 WIB

Ini Keputusan Presiden Soal Harga BBM, Gas, & Listrik Juli-September

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Presiden Jokowi telah memutuskan harga BBM, gas, dan listrik dari Juli hingga September 2017.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak karena diyakini akan ada tren penurunan harga minyak mentah dunia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan berdasarkan kalkulasi pemerintah tidak akan ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Juli 2017.

Advertisement

Keputusan tersebut juga berlaku untuk harga gas. “Sebetulnya kalkulasi kita kemarin kelihatannya BBM akan naik. Namun, setelah hitung kembali, [harga] BBM tidak kita naikkan, termasuk gas,” kata Jokowi saat membuka Rapat Sidang Kabinet Paripurna, Kamis (22/6/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan keputusan tersebut berdasarkan pada akan terjadinya tren penurunan harga minyak mentah di dunia. “Seperti pagi tadi itu, Nymex bisa mencapai US$42, minggu lalu masih US$45-US$46. Kalau Brent tadi pagi US$44, minggu lalu kira-kira masih US$47,” kata Jonan di Kompleks Istana Kepresidenan.

Dia menegaskan kenaikan harga tidak akan terjadi khususnya pada jenis Premium Ron 88, serta bio solar per 1 juli 2017 sampai 30 September 2017. Selama tiga bulan ke depan tidak akan ada kenaikan harga BBM sama sekali.

Advertisement

Jonan menambahkan keputusan juga berlaku bagi harga gas elpiji ukuran 3 kg yang masih disubsidi oleh pemerintah. Harga tetap Rp13.500 per tabung hingga 30 September 2017.

Di sisi lain, imbuhnya, untuk tarif tenaga listrik atau TTL, pemerintah sudah menetapkan tidak ada kenaikan atau penyesuaian tarif untuk golongan apapun. Bahkan, diharapkan bisa mengalami penurunan. “Kalau [tarif] listrik [masih] panjang, sampai akhir tahun tidak ada penyesuaian tarif sama sekali,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif