Soloraya
Kamis, 22 Juni 2017 - 20:35 WIB

INFRASTRUKTUR KLATEN : Baru Selesai Ditambal, Jalan Pakis-Daleman Wonosari Berlubang Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ruas jalan Pakis-Daleman di Desa Bentangan, Kecamatan Wonosari, Klaten, berlubang meski belum lama ditambal oleh petugas Dinas PUPR Klaten. Foto diambil Kamis (22/6/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Klaten, jalan Pakis Daleman, Wonosari, rusak dan berlubang lagi meski baru saja ditambal.

Solopos.com, KLATEN — Ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Pakis-Daleman, Kecamatan Wonogiri, Klaten, kembali rusak dan berlubang meski baru selesai ditambal oleh petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kamis (22/6/2017).

Advertisement

Petugas Dinas PUPR terpaksa mengulang lagi penambalan jalan tersebut. Ruas jalan itu menjadi jalur alternatif dari Klaten menuju Sukoharjo. Kondisi jalan berlubang ditemui di beberapa lokasi jalan seperti di wilayah Desa Teloyo serta Bentangan, Wonosari.

Salah satu warga, Dinda, 31, mengatakan jalan ditambal petugas dari Dinas PUPR Klaten dimulai sekitar dua pekan lalu. Penambalan dilakukan dengan menutup jalan berlubang menggunakan material aspal sisa perbaikan jalan. Namun, tak lama ditambal kondisi jalan kembali berlubang.

“Ya karena sering dilintasi truk pasir dengan muatan berat dan terkena hujan, jalan kembali berlubang,” urai warga Desa Gatak, Kecamatan Delanggu, itu saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Advertisement

Dinda mengatakan kondisi jalan tersebut rawan terjadi kecelakaan. Apalagi, memasuki libur Lebaran dengan meningkatnya volume kendaraan. Ia berharap ada perbaikan permanen agar kondisi jalan tak terus-terusan mengalami kerusakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Bina Marga DPUPR Klaten, Suryanto, mengatakan proses penambalan rampung sesuai rencana yakni pada H-3 Lebaran atau Kamis. “Proses penambalan sudah selesai. Namun, hari ini masih ada yang berlanjut untuk menghabiskan material. Angkutan umum material sudah tidak boleh beroperasi sejak beberapa hari lalu,” kata dia.

Suryanto mengatakan penambalan difokuskan di ruas jalur utama yang menjadi lalu lintas Lebaran. Penambalan dilakukan Dinas PUPR serta rekanan yang sudah tanda tangan kontrak beberapa waktu lalu.

Advertisement

“Untuk rekanan yang sudah dikontrak meski pengerjaan utama dilakukan setelah Lebaran mereka tetap melakukan pekerjaan awal dengan penambalan agar jalan bisa dilalui dengan lancar saat Lebaran,” ungkapnya.

Ia tak menampik jalan yang sebelumnya sudah ditambal petugas kembali rusak menjelang Lebaran khususnya ruas jalan Pakis-Daleman, Wonosari. “Sebenarnya [ruas jalan Pakis-Daleman] sudah masuk dalam program peningkatan kualitas jalan. Karena belum kontrak, kami menanganinya sementara. Hari ini [Kamis] kami mengaspal ulang lagi dengan membawa dua truk membawa material penambalan,” urai dia.

Suryanto mewanti-wanti para pengendara lebih berhati-hati termasuk saat melintasi ruas jalan yang ditambal petugas Dinas PUPR. “Kebetulan dalam penanganan darurat ini kami memakai pengerasan berbutir sehingga kondisi jalan agak licin terutama untuk sepeda motor matic yang bannya kecil,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif