News
Kamis, 22 Juni 2017 - 21:45 WIB

Hancurkan Menara Bersejarah Al Hadba, ISIS Lukai Hati Warga Mosul

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menara Al Hadba di Mosul, Irak (Theguardian.com)

Kelompok militan ISIS melukasi hati warga Mosul lantaran menghancurkan menara Al Hadba yang sangat dikagumi.

Solopos.com, MOSUL – Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menghancurkan Masjid Al Nouri di Mosul, Irak, yang memiliki menara condong ikonik, Al Hadba, Rabu (21/6/2017), malam waktu setempat. Padahal, masjid tersebut merupakan tempat Abu Bakar Al Baghdadi memproklamirkan diri sebagai pimpinan ISIS pada 2014.

Advertisement

“Kelompok militan ISIS telah melakukan kejahatan historis dengan mengebom Masjid Al Nouri dan Menara Al Hadba yang bersejarah,” demikian bunyi pernyataan yang disampaikan pemerintah Irak seperti dilansir The Guardian, Kamis (22/6/2017).

Sebelumnya, kelompok ISIS menuding kerusakan masjid terjadi akibat serangan udara tentara Amerika Serikat (AS). Namun, dengan tegas militer AS membantah tudingan tersebut.

“Ketika mitra keamanan Irak kami bertemu di masjid, ISIS malah menghancurkan bangunan itu. Mereka telah merusak salah satu harta paling berharga milik Irak,” kata Joseph Martin, Komandan Koalisi Pimpinan AS melawan ISIS.

Advertisement

“Ini adalah kejahatan terhadap seluruh rakyat Irak yang menjadi alasan kelompok tersebut harus dimusnahkan. Kehancuran bangunan ini merupakan tanggung jawab penuh ISIS. Kami akan terus mendukung tentara Irak yang berjuang melawan mereka,” sambung dia.

Menurut pengamat kelompok esktremis, Hisyam Al Hashimi, masjid tersebut diledakkan lantaran posisi kelompok ISIS telah terdesak. Kelompok ISIS mungkin tidak rela dikalahkan di tempat yang dipakai untuk mendeklarasikan keberadaan mereka.

“Mereka meledakkannya karena tidak ingin tempat untuk mengumumkan keberadaan mereka menjadi tempat militer Irak mengumumkan kemenangan,” kata Hisyam.

Advertisement

Hancurnya situs bersejarah itu menjadi pukulan berat bagi warga Irak yang telah dilanda perang selama belasan tahun. Apalagi Al Hadba dianggap merupakan walah satu situs penting dalam sejarah Irak. Menara yang terletak di samping Masjid Al Nouri itu merupakan bangunan paling dikagumi di Mosul.

Menara setinggi 45 meter itu dikenal dengan sebutan Menara Bungkuk karena kemiringannya yang khas seperti Menara Pisa di Italia. Menara bersejarah itu selesai dibangun pada 1172. Pada 2014, ISIS sempat berniat menghancurkan bangunan itu lantaran dianggap sebagai berhala.

Sayangnya, kecintaan warga Mosul terhadap menara tersebut membuat niat ISIS gagal. Warga berkumpul di sekitar menara demi melindungi bangunan bersejarah itu. Keunikan bentuknya membuat menara itu menjadi simbol kota. Kendati demikian, sejak Juni 2014, ISIS memasang bendera hitam khas mereka di puncak menara sebagai tanda wilayah tersebut telah dikuasai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif