Lifestyle
Rabu, 21 Juni 2017 - 00:10 WIB

Wow, Lukisan Kepala Tengkorak Karya Basquiat Terjual Rp1,4 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lukisan karya Jean-Michel Basquiat (New York Times)

Lukisan kepala tengkorak karya Jean-Michel Basquiat terjual fantastis mencapai Rp1,4 trilun.

Solopos.com, NEW YORK – Lukisan kepala tengkorak karya Jean-Michel Basquiat tahun 1982 terjual dengan harga fantastis US$110,5 juta (Rp1,4 triliun). Dilelang oleh balai lelang Sotheby di New York, AS, lukisan tersebut terjual kepada miliarder Jepang Yusaku Maezawa.

Advertisement

Penjualan lukisan tersebut menandai rekor penjualan tertinggi untuk karya seni pasca-1980-an. “Hal ini adalah hari di mana kami tidak akan segera melupakannya [rekor penjualan itu],” ujar Gregoire Billault, Kepala Seni Kontemporer dalam konferensi pers seperti dikutip dari Artnews, Selasa (20/6/2017).

Lelang tersebut juga bersejarah bagi balai lelang itu, mengingat beberapa tahun terakhir mereka diganggu oleh sejumlah kesalahan taktis dan kesulitan keluar pada titik tersebut. Pelelang Oliver Barker memulai penawaran lukisan tersebut di harga US$57 juta atau setara Rp758 miliar. Kemudian terhenti pada tawaran tertinggi oleh Yusaku.

Jean-Michel Basquiat merupakan pelukis Neo-Ekspresionis era 1980-an. Dia terkenal dengan gaya primitif dan kolaborasi dengan artis pop Andy Warhol. Basquiat lahir pada 22 Desember 1960, di Brooklyn, New York, AS. Dia kali pertama menarik perhatian ketike membuat grafiti dengan nama SAMO di New York City.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif