Soloraya
Rabu, 21 Juni 2017 - 04:00 WIB

PPDB 2017 : Warga Luar Solo Banjiri PPDB Online Tahap II SMAN 8 Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi PPDB online (JIBI/dok)

Warga luar Solo membanjiri pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahap II di SMAN 8 Solo.

Solopos.com, SOLO—PPDB online jalur pemenuhan daya tampung untuk jenjang SMAN/SMKN di Jawa Tengah dibuka Senin-Selasa (19-20/6/2017). Pendaftar di SMAN 8 yang terletak di pinggiran Solo didominasi warga luar kota. Di Solo, hanya SMA Negeri (SMAN) 8 Solo yang membuka pendaftaran tahap II lantaran kuota belum terpenuhi.

Advertisement

Semula ada kekurangan siswa sebanyak 34 orang, namun kuota akhirnya terpenuhi. Hal itu disampaikan Kepala SMAN 8 Solo, E.P. Agustina, ketika dimintai konfirmasi wartawan, Selasa. “Sejak Senin hingga hari ini [Selasa] tadi jumlah pendaftar lebih dari 60 orang. Padahal kuota kami yang tersisa hanya 34 orang untuk Jurusan IPA,” kata Agustina melalui sambungan telepon.

Agustina mengakui saat pendaftaran online PPDB tahap pertama, SMAN 8 Solo terganjal masalah pembatasan kuota siswa luar kota sebesar 7 persen. Hal itu, menurutnya, ironi mengingat mayoritas SMAN 8 selama ini adalah warga luar Solo.

“Dengan pembatasan 7 persen itu saat PPDB tahap pertama kami terpaksa nolak-nolak siswa luar kota padahal jumlahnya sangat banyak. Sementara siswa dalam kota justru kurang,” ujar dia.

Advertisement

Dalam pendaftaran tahap kedua ini, Agustina mengatakan jumlah pendaftar dari luar kota juga lebih banyak dibandingkan dari dalam kota. Para pendaftar tahap kedua hanya menggunakan nilai Ujian Nasional (UN) murni.

“Jadi tidak ada tambahan nilai untuk gakin atau kemaslahatan, hanya dari UN. Yang membuat merinding, nilainya justru tinggi-tinggi. Berarti siswa baru yang kami dapatkan dari sisi prestasi juga baik. Kami berharap ke depannya prestasi SMAN 8 meningkat,” tambah dia.

Pantauan Solopos.com di website PPDB SMAN/SMKN Jawa Tengah dengan alamat https://jateng.siap-ppdb.com, hingga pukul 17.30 WIB, sebagian pendaftar SMKN, termasuk beberapa SMKN di Kota Solo masih di bawah kuota yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Advertisement

Salah satu contoh terlihat pada jumlah pendaftar Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti di SMKN 2 Solo sebanyak 9 orang sementara daya tampungnya 16 orang. Di SMKN 4 Solo, jumlah pendaftar Program Keahlian Akomodasi Perhotelan sebanyak 4 orang, sementara daya tampungnya 7 orang.

Dihubungi melalui ponselnya, Kepala SMKN 4 Solo, Suyono, mengatakan sudah ada pendaftar di SMKN 4 di seleksi tahap kedua. “Sejak Senin memang sudah ada yang mendaftar ke SMKN 4 untuk beberapa program keahlian yang kuotanya belum terpenuhi,” kata Suyono. Sesuai jadwal, hasil seleksi dari pendaftaran jalur pemenuhan daya tampung diumumkan secara online oleh Pemprov Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif