Sport
Rabu, 21 Juni 2017 - 15:25 WIB

PIALA KONFEDERASI 2017 : Portugal Ingin Patahkan Kutukan di Rusia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Portugal merayakan gol. (REUTERS/Rafael Marchante)

Piala Konfederasi 2017 akan menyajikan duel Rusia vs Portugal.

Solopos.com, MOSKOW — Portugal tak pernah menang dalam tiga kunjungan mereka ke Moskow. Apakah kutukan itu akan berlanjut ketika mereka bertemu Rusia pada laga kedua Grup A Piala Konfederasi 2017 di Otkrytiye Arena, Moskow, Rabu (21/6/2017) pukul 22.00 WIB?

Advertisement

Selecao das Quinas, julukan Portugal, masing-masing menelan kekalahan dalam tiga kunjungan mereka di Ibu Kota Rusia tersebut. Masing-masing takluk 0-5 pada Kualfikasi Euro 1984 dan dua laga lainnya berakhir kekalahan 0-1 pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 dan laga persahabatan 2015 silam.

Kali ini, Portugal tak boleh lagi menderita di Moskow. Cristiano Ronaldo dkk. membutuhkan kemenangan untuk mengamankan kans lolos ke fase knock-out, setelah pada laga pembuka Grup A juara bertahan Eropa itu ditahan imbang Meksiko 2-2 di Kazan Arena, Kazan, Minggu (18/6/2017).

Meski demikian, Pelatih Portugal, Fernando Santos, berencana melakukan rotasi pemain. Kali ini, pelatih yang membawa Portugal menjadi juara Euro 2016 tersebut kemungkinan besar akan menurunkan Gelson Martins, Nelson Semedo, dan striker Andre Silva sejak menit awal. Namun, nyaris mustahul bagi Santos untuk mencadangkan kapten Cristiano Ronaldo.

Advertisement

Pengoleksi empat trofi Ballon d’Or itu tetap akan dimainkan sebagai andalan di lini depan Selecao das Quinas. Ronaldo gagal mencatatkan namanya di papan skor pada laga pembuka kontra Meksiko. Itulah kali pertama Ronaldo gagal mencetak gol sejak final Euro 2016. Padahal sebelumnya, ia moncer tak pernah ketinggalan mengukir namanya di papan skor dalam enam laga beruntun dengan total 12 gol.

Tapi Ronaldo memiliki kenangan manis ketika melawan Rusia. Brace pertamanya untuk Portugal dilesakkan ke gawang Rusia. Itu terjadi ketika Ronaldo membantu Portugal menundukkan Rusia dengan skor telak 7-1 pada kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa, Oktober 2004.

“Kami harus mempersiapkan diri dengan cara serius melawan Portugal, mereka punya salah satu pemain terbaik di dunia [Ronaldo], dan saya pikir kami harus memulai laga dengan baik,” jelas striker Rusia, Fedor Smolov, seperti dilansir Fourfourtwo.com, Selasa (20/6/2017).

Advertisement

Smolov dinobatkan sebagai man of the match ketika Rusia menundukkan Selandia Baru. Penyerang FC Krasnodar itu sedang menjadi buah bibir di liga lokal. Smolov merupakan top scorer Liga Premier Rusia dalam dua musim terakhir. Pergerakan Smolov akan menjadi ancaman gawang Portugal yang kebobolan dua gol dalam laga terakhir mereka.

Tapi di sisi lain, pertahanan Rusia juga harus berbenah karena beberapa kali berhasil ditembus penyerang Selandia Baru. Beruntung, kiper Igor Akinfeev masih bisa mengamankan gawang Rusia tetap perawan karena penyelesaian buruk dari Selandia Baru.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif