Ilustrasi arus mudik (JIBI/Bisnis/Dok.) Ilustrasi arus mudik (JIBI/Bisnis/Dok.)
Rabu, 21 Juni 2017 23:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

MUDIK LEBARAN 2017
Polresta Kediri Terjunkan Tim Urai untuk Libas Kemacetan

Mudik Lebaran 2017, arus lalu lintas di Kota Kediri diupayakan tak macet.

Solopos.com, KEDIRI — Polres Kota Kediri bakal menerjunkan tim urai untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan lalu lintas menjelang arus mudik Lebaran 2017.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Kediri AKP Amirul Hakim mengemukakan tugas dari tim itu untuk mengurai berbagai macam kemacetan arus lalu lintas, sehingga bisa menjadi lancar kembali.

“Kami terjunkan anggota lantas ada sekitar 110 orang, kami bagi di pos pengamanan, dan ada dua regu tim urai. Tugasnya setiap hari memonitor arus lalu lintas,” katanya di Kediri, Rabu (21/6/2017).

Dia menambahkan polisi telah mengidentifikasi sejumlah titik yang dinilai rawan kemacetan. Beberapa yang sering macet misalnya di simpang empat Kelurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kediri, yang menghubungkan Kediri dengan Nganjuk, alun-alun Kediri, maupun sejumlah titik lain yang padat arus lalu lintasnya.

Untuk memudahkan mengawasi titik kemacetan, tim juga menempatkan personelnya di pusat pengendali kontrol atau ATCS yang ada di Dinas Perhubungan Kota Kediri.

Di tempat itu, bisa diketahui lewat kamera pengintai titik-titik yang terjadi kemacetan sehingga tim urai bisa langsung bergerak. “Ada yang memantau [kamera] CCTV di pos, ketika ada potensi macet akan menghubungi tim urai dan pospam terdekat,” kata dia.

Terkait dengan kendaraan berat, seperti truk, ia pun mengatakan menjelang Lebaran 2017 sudah ada edaran untuk melintas sampai H+7. Jika ada pengemudi truk yang nekat melintas, ia pun tidak segan menilangnya. “Langsung kami tindak tanpa basa basi, bahkan bisa kami tahan,” katanya.

Menyambut Lebaran 2017, Polresta Kediri mendirikan enam pos pengamanan, satu pos pelayanan, serta dua pos pantau yang berada di sejumlah pusat perbelanjaan yaitu di Kediri Town Square/Ketos dan Kediri Mall.

Untuk pos pelayanan, tempatnya di alun-alun. Di tempat tersebut, juga dilengkapi dengan fasilitas tempat istirahat, area kesehatan, mobil derek, bengkel portabel, serta fasilitas pijat.

Amirul Hakim pun mengimbau para pemudik yang melakukan arus balik menyiapkan diri sebaiknya, dengan memastikan kesehatan, memeriksa kondisi kendaraan sebelum berkendara, sehingga bisa selamat sampai tujuan.

lowongan pekerjaan
CV MUTIARA BERLIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…