Jogja
Rabu, 21 Juni 2017 - 21:20 WIB

MUDIK LEBARAN 2017 : Mudik Naik Bus? Cek Dulu Stikernya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas dari Kementrian Perhubungan memeriksa salah satu bagian bus di Terminal Giwangan, Jogja, Jumat (17/6). (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Beberapa bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Giwangan belum terpasang stiker laik jalan

 
Harianjogja.com, JOGJA– Beberapa bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Giwangan belum terpasang stiker laik jalan untuk angkutan Lebaran tahun 2017.

Advertisement

Dari pantauan Harianjogja.com di Terminal Giwangan, Selasa (20/6/2017) beberapa bus AKAP sudah terpasang stiker laik jalan untuk angkutan lebaran tahun 2017. Misalnya bus Sinar Jaya jurusan Lampung-Jogja.

“Sudah diuji dan dipasangi stiker oleh Dinas Perhubungan Lampung tanggal 13 Juni lalu,” jelas Imung, kondektur bus itu.

Tapi beberapa bus terpantau belum dipasangi stiker berbentuk bulat tersebut. Contohnya adalah bus Efisiensi jurusan Cilacap-Jogja dan jurusan Magelang-Surabaya. Di kaca depan dua bus yang parkir bersebelahan itu tidak ditemukan sama sekali stiker laik jalan.

Advertisement

Salah satu karyawan Perusahaan Efisiensi yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dua bus tersebut belum dipasangi stiker karena bus baru dioperasikan akhir-akhir ini. “Tapi yang lain sudah semua. Kalau yang ini karena belum diuji saja. Dari Dinas Perhubungan belum datang,” jelasnya sambil berlalu.

Tak hanya bus Efisiensi, dua bus Sugeng Rahayu juga belum memiliki stiker laik jalan angkutan lebaran 2017. Dua bus itu masing-masing jurusan Solo-Jogja dan Surabaya-Jogja. Kondektur bus Sugeng Rahayu Jurusan Surabaya-Jogja hanya menjawab seadaanya saat ditanyai perihal stiker. “Sudah pernah diuji,” katanya.

Salah satu penumpang bus, Putri Yolanda, mengaku bus yang ia naiki untuk mudik memiliki stiker laik jalan. “Setahu saya kalau bus sudah ditempeli stiker itu artinya bus layak untuk beroperasi,” jelasnya.

Advertisement

Sementara penumpang lain, Asep Hilmil Irfan yang akan mudik ke Jakarta, tidak tahu menahu tentang stiker laik jalan angkutan lebaran maupun fungsinya, “Saya enggak tahu, mas,” ujarnya saat sedang menunggu kedatangan bus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif