Soloraya
Rabu, 21 Juni 2017 - 10:15 WIB

LEBARAN 2017 : 5 Lokasi di Wonogiri Kota Disiapkan untuk Salat Id

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Salat Id. (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2017, PHBI Wonogiri menyiapkan lima lokasi Salat Id.

Solopos.com, WONOGIRI — Salat Id di kawasan kota Wonogiri akan digelar di lima tempat mulai pukul 06.00 WIB. Kelima lokasi itu meliputi halaman Masjid At Taqwa hingga Alun-Alun Giri Krida Bakti, kawasan Stadion Pringgodani Wonokarto, Lapangan Bantarangin Wonoboyo, Lapangan Sukorejo, dan kawasan Kantor Kodim 0728/Wonogiri.

Advertisement

Penentuan lokasi tersebut diputuskan berdasar rapat koordinasi Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Wonogiri, Senin (19/6/2017). Penyuluh Agama Islam Seks Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemenag) Wonogiri, Gunawan Wibisono, saat ditemui di kantornya, Selasa (20/6/2017), mengatakan lokasi itu sama dengan pelaksanaan Salat Id tahun lalu.

Dia menambahkan salat dijadwalkan pada Minggu (25/6/2017) pukul 06.00 WIB. “Jadwal tetap akan menyesuaikan keputusan pemerintah pusat. Jika pemerintah memutuskan 1 Syawal pada hari lain, pelaksanaan Salat Id akan mengikuti,” ujar dia.

Menurut Gunawan, PHBI akan bekerja sama dengan Dishub, Satpol PP, dan polisi. Masing-masing pihak akan melaksanakan tugas sesuai kewenangannya, seperti mengatur lalu lintas dan mengamankan lokasi.

Advertisement

Dia melanjutkan pada pelaksanaan salat tahun ini PHBI tidak menggunakan pewarna permanen untuk membuat garis saf. Hal itu supaya tidak mengotori jalan.

“Pewarna permanen, seperti cat, sulit hilang meski terkena hujan atau berulang kali terlindas ban kendaraan,” jelas dia. Kondisi itu seperti terjadi di ruas Jalan Jenderal Sudirman depan Markas Kodim Sukoharjo.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif