Jogja
Selasa, 20 Juni 2017 - 12:20 WIB

PPDB 2017 : Semua SMP Sleman Jalankan PPDB Real Time

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PPDB di Kota Jogja. (JIBI/Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi)

Semua SMP negeri di Sleman mulai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara real time

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Semua SMP negeri di Sleman mulai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara real time mulai tahun ini. Calon siswa bisa mendaftar dan memantau prosesnya secara online tanpa harus datang ke sekolah.

Advertisement

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Arif Haryanto mengatakan pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan pihak penyedia layanan internet guna mempersiapkan sistem online ini.

“Kita sudah kerjasama, tahun ini semua siap real-time,” terangnya kepada wartawan pada Senin (18/6/2017). Sistem online ini memasuki tahun keempatnya dijalankan di Sleman.

Kerjasama juga mencakup kesiapan operator di sekolah masing-masing untuk menjalankan sistem ini. Sistem ini sebenarnya sudah coba diterapkan tahun lalu meski belum menyeluruh.

Advertisement

Sekolah yang berada di Kecamatan Prambanan dan Cangkringan belum bisa melaksanakan PPDB online dengan alasan keterbatasan. Meski demikian, tahun ini semua SMP negeri di Sleman akan mulai menggunakan sistem real time ini.

Pendaftaran siswa akan dilakukan terpusat melalui laman online yang bisa dipantau oleh tiap orang tua murid. Setiap calon siswa bisa memasukkan 2 pilihan sekolah ke sistem penerimaan tersebut dan kemudian mengecek prosesnya. Sistem ini juga secara otomatis akan memindahkan siswa ke sekolah berikutnya jika terlempar dari seleksi sekolah yang dituju.

“Sampi dapat sekolah yang pas nanti tinggal daftar ulang,” ujar Arif.

Advertisement

Apabila ada orang tua calon siswa yang bingung dengan sistem online ini maka bisa datang ke sekolah yang dituju. Nantinya, akan ada petugas di sekolah tersebut yang membantu calon orang tua murid melakukan pendaftaran.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan SlemanEry Widaryana mengatakan pendaftaran siswa SMP akan dilaksanakan pada 10 hingga 12 Juli mendatang.

Adapun, sekolah-sekolah yang hingga tanggal 17 Juli mendatang belum dapat memenuhi daya tampungnya dipersilahkan menerima siswa hingga tahun ajaran baru dimulai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif