Pengunjung memilih pakaian/sepatu di lantai I Centro Department Store Sopar Mall, Sabtu (17/6/2017) malam. (Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos) Pengunjung memilih pakaian/sepatu di lantai I Centro Department Store Sopar Mall, Sabtu (17/6/2017) malam. (Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos)
Selasa, 20 Juni 2017 03:00 WIB Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

LEBARAN 2017
Warga Soloraya Berburu Pakaian Hingga Tengah Malam

Lebaran 2017 tak lama lagi.

Solopos.com, SOLO — Kebutuhan masyarakat meningkat menjelang Idul Fitri. Tidak hanya untuk makanan tapi juga sandang. Sejumlah toko ritel fashion modern pun menawarkan berbagai macam promo untuk menarik konsumen. Tak hanya itu, kemudahan berbelanja pun ditawarkan dengan menyediakan jam buka yang lebih panjang.

Tak ayal, hal ini pun dimanfaatkan oleh konsumen mengingat sore hingga pukul 20.00 WIB biasanya digunakan mulai dari persiapan buka puasa hingga tarawih. Salah satunya adalah Nurifa, 32.

Perempuan asli Solo ini mengaku baru punya waktu untuk jalan-jalan di atas pukul 20.00 WIB karena saat siang biasanya bekerja dan mulai sore hingga malam dihabiskan untuk buka bersama dan ibadah dengan keluarga.

“Senang dengan adanya late night sale karena waktu belanja jadi lebih lama sehingga leluasa untuk pilih-pilih barang,” ujarnya kepada Espos saat sedang memilih barang di Centro Department Store Solo Paragon Lifestyle Mall, Sabtu (17/6) malam.

Sekitar pukul 19.30 WIB, Centro sudah dipadati pengunjung. Antrean di kasir pun cukup panjang. Setiap pengunjung yang keluar dari toko ritel tersebut pasti membawa tentengan plastik berwarna merah. Zona pakaian dan sepatu menjadi lokasi yang paling banyak pengunjung. Kebanyakan yang datang adalah rombongan keluarga untuk mencari baju Lebaran.

Menjelang Ramadan ini, Centro menghadirkan bermacam promo, diantaranya diskon hingga 70% ditambah 20%. Selain itu ada juga buy one get one free. Produk diskon yang ditawarkan pun berasal dari brand ternama, seperti P&C Outfit, Antono Banderas, Cool, Curly Kids, Baby Character, Estrella, Teh Executive, Etcetera, Novel Mice, Nicole Lee, Isla Mode, Eprise, Sorella, H&R, dan lainnya.

Centro selalu menghadirkan late night sale saat menjelang Lebaran setiap tahunnya. Hal ini karena program ini dianggap efektif untuk menjaring konsumen lebih banyak. Assistant Store Manager Centro Sopar Mall, Heppy Anggi Nugroho, mengatakan pengunjung late night sale kebanyakan adalah member dan juga masyarakat sekitar Solo. Konsumen keluarga masih mendominasi dengan penjualan apparel untuk anak, perempuan, dan pria.

Kenaikan Pengunjung

Pengunjung dari luar kota atau pemudik sudah ada tapi belum banyak. Dia memprediksi mulai Senin (19/6) jumlah pengunjung akan terus meningkat.

“Rata-rata kenaikan pengunjung per hari hingga saat ini masih berada dikisaran 9%. Sekitar 60% transaksi yang terjadi masih didominasi member. Pekan depan [Senin] prediksi range customer profile semakin lebar,” ujarnya.

Keramaian juga terjadi di Matahari Department Store Solo Grand Mall (SGM). Store Manager Matahari SGM, Agung Muhammad K., mengatakan late night sale yang diadakan pada Jumat dan Sabtu (16-17/6) malam dipadati pengunjung.

Menurut dia, memasuki H-7 Lebaran ini jumlah pengunjung akan terus meningkat karena sudah banyak perantau yang pulang kampung dan karyawan sudah menerima tunjangan hari raya (THR).

Selain itu, program bazaar dengan diskon hingga 70% juga masih berlangsung. Late night sale juga masih akan diadakan dua kali, yakni pada Kamis-Jumat (22-23/6).

“Jumlah pengunjung saat ini sudah naik tiga kali lipat dari biasanya. Dalam sehari terjadi transaksi lebih dari 5.000 setruk dari sekitar 15.000 pengunjung karena biasanya datang bersama dengan keluarga,” kata dia.

Produk apparel masih tetap mendominasi. Namun saat ini lebih merata, jika di awal Ramadan paling banyak dicari adalah pakaian anak, sekarang pakaian dewasa untuk wanita maupun pria juga banyak diburu.

“Ramai ini nanti terjadi hingga setelah Lebaran karena bersamaan dengan tahun ajaran baru sehingga program berganti back to school. Selain itu, biasanya travel bag dan koper juga banyak dicari karena untuk tempat oleh-oleh bagi masyarakat yang ingin kembali ke perantauan,” imbuhnya.

lowongan kerja
lowongan kerja PT. Tirtakencana tatawarna, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…