Frank Lampard. (Dailyexpress.com) Frank Lampard. (Dailyexpress.com)
Selasa, 20 Juni 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 Juni

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 20 Juni tersaji dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada hari ke-171—hari ke-172 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 20 Juni. Demi mengenang berbagai peristiwa itu, Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 20 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1819
Kapal uap milik Amerika Serikat (AS) SS Savannah menjadi kapal uap pertama yang berhasil mengarungi Samudera Atlantik. SS Savanah berangkat dari New York, AS dan mendarat di Liverpool, Inggris. Kapal tersebut mengarungi Samudera Atlantik tanpa ada pendampingan dari kapal lain.

Ratu Victoria (Chiefwritingwolf.com)

Ratu Victoria (Chiefwritingwolf.com)

Samuel Morse. (History.com)

Samuel Morse. (History.com)

Alexander Graham Bell. (History.com)

Alexander Graham Bell. (History.com)

1837
Alexandrina Victoria dinobatkan menjadi ratu Inggris. Victoria memimpin Inggris selama lebih dari 63 tahun hingga akhir hayatnya pada 1901. Ratu Victoria menjadi pemimpin Inggris terlama kedua setelah Ratu Elizabeth II yang masih memimpin hingga kini.

1840
Samuel Morse menerima hak paten atas alat yang ia ciptakan, yakni Telegraf. Telegraf adalah alat untuk mengirim pesan jartak jauh. Sebuah pesan telegraf dikirim oleh kawat listrik. Biasanya, isi pesan yang dikirim dengan telegraf menggunakan kode Morse. Pesan yang dikirim dengan telegraf disebut telegram.

1877
Alexander Graham Bell yang dikenal sebagai penemu telepon memasang jaringan telepon komersial pertama di dunia. Jaringan itu ia pasang di Hamilton, Ontario, Kanada. Meski Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon pada 1876 di Amerika Serikat (AS), namun Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon yang sesungguhnya.

1895
Terusan Kiel di Schleswig-Holstein, Jerman resmi dibuka. Terusan ini menghubungkan Laut Utara dengan Laut Baltik. Terusan ini memperpendek jarak 460 km dan kapal tidak perlu memutari Semenanjung Jutlandia. Selain menghemat waktu, kapal juga dapat menghindari lautan yang sering dihantam badai.

1900
Tim Ekspedisi Kutub Rusia yang dipimpin Baron Eduard Toll meninggalkan pelabuhan di Saint Petersburg, Rusia untuk melakukan penjelajahan di Kutub Utara menggunakan kapal penjelajah, Zarya. Sejak keberangkatannya itu, Toll bersama awak kapal lainnya tak pernah kembali dan tak pernah ditemukan.

1940
Pasukan Italia mulai menginvasi Prancis. Dari invasi itu, pasukan Italia gagal mencaplok wilayah Prancis. Selain itu, Italia kehilangan sekitar 300.000 tentaranya, sedangkan Prancis hanya kehilangan 180.000 tentaranya.

1944
Demi mengakhiri Serangan Vyborg–Petrozavodsk di Finlandia, Uni Soviet meminta pihak Finlandia menyerah tanpa syarat. Namun karena mendapat dukungan dari Jerman dan Italia, pihak Finlandia menolak menyerah. Pertempuran berlanjut berbulan-bulan kemudian dan berhasil dimenangi Uni Soviet.

1967
Muhammad Ali dijatuhi hukuman penjara karena tiga kali menolak perintah wajib militer yang dicanangkan pemerintah Amerika Serikat (AS). Ali menolak hal tersebut karena ia tak sudi terlibat perang di Vietnam. Meski demikian, hukuman bagia Muhammad Ali lantas dicabut oleh Mahkamah Agung AS.

1978
Frank James Lampard lahir di Ramford, London, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Chelsea, sejak 2001 hingga 2014. Lampard gantung sepatu pada 2016 silam setelah kontraknya di klub sepak bola di Amerika Serikat (AS), New York City FC, berakhir. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Juni

lowongan kerja
lowongan kerja PT.MATARAM MANDIRI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…