News
Minggu, 18 Juni 2017 - 22:00 WIB

Wajib Mampir! Ini Spot-Spot "Instagramable" di Jalur Mudik Pantura

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu pemandangan di tempat wisata Grand Maerokoco, Semarang. (Facebook MIK Semar)

Sejumlah spot-spot yang “instagrammable” ada di sepanjang jalur Pantura.

Solopos.com, JAKARTA — Bagi Anda yang memilih mudik melewati jalur Pantura, ada banyak tempat wisata di jalur ini yang bisa disambangi sebagai tempat wisata yang instagramable.

Advertisement

Seperti dilansir dari situs properti online Lamudi, berikut tempat-tempat tersebut:

1. Goa Sunyaragi, Cirebon

Sebagai pemberhentian pertama, nikmati eksotisme Goa Sunyaragi di dalam Keraton Kasepuhan Cirebon. Badan gua dapat dipanjat melalui tangga sehingga memudahkan pecinta fotografi untuk menghasilkan gambar dengan seni.

Advertisement

2. Pantai Alam Indah, Tegal

Tempat wisata Pantura tentu saja termasuk keindahan pantai-pantai di sepanjang jalurnya. Belokkan setir ke Pantai Alam Indah, Tegal, untuk bersantai sambil menunggu sunset. Pantai Alam Indah semakin populer, terlebih setelah pemerintah melakukan pemugaran dan penambahan fasilitas demi mempercantik sekaligus meningkatkan kenayaman para pelancong. Tiket masuknya juga sangat murah, hanya berkisar Rp.1.000-Rp.3.000.

Advertisement

3. Tritisan Coffee and Tea, Kendal

Warung kopi yang beralalamat di Kampung Sambongan No. 69, Sambongsari, Weleri, Kendal. Jawa Tengah tersebut menyajikam suasana alam berupa hamparan hijau sawah yang menyejukkan. Mampir sejenak, alternatif tempat wisata Pantura ini cukup menjernihkan pikiran sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Rasa lelah pun lantas sirna ketika menyeruput sajian teh dan kopi di coffee shop yang bagus untuk foto instagram dengan dilatari pemandangan alamnya.

A post shared by Tritisan Coffee and Tea (@tritisan_coffee_tea) on

4. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Berlokasi di Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah wajib dikunjungi untuk beribadah di sela perjalanan mudik. Corak batik terlihat di langit-langit, sedangkan kaligrafi Arab tertulis di dinding, dan pilar-pilar ala Romawi yang memperkokoh bangunannya.

5. Grand Maerokoco

Setelah rehat untuk salat, lanjutkan petualangan ke Grand Maerokoco. Spot instagramable Pantura satu ini dahulu terkenal sebagai Taman Mini Jawa Tengah, namun sempat sepi pengunjung dan dilakukan perombakan seperti menambah mangrove tracking dan rebranding menjadi Grand Maerokoco.

Anda bisa asik narsis di pinggir jalur setapak mengarah ke danau dan mangrove, menikmati makan romantis dipinggir danau, hingga mengantarkan anak-anak ke wahana bermain. All in one!

6. Tiongkok Kecil Heritage Lasem, Kabupaten Rembang

Kunjungan ke tempat wisata jalur pantura berikutnya ialah menelusuri jejak sejarah kedatangan etnis Tionghoa di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Kemajemukan masyarakatnya terbukti dengan kehidupan masyarakat Muslim dan Tionghoa yang damai sejak berabad-abad silam. Rumah tembok merah contohnya, sungguh sebuah objek yang cantik untuk dipajang di galeri Instagram Anda.

Spot instagramable dimulai dari gerbang dan tembok pembatas khas arsitektur Fujinan, bagian muka rumah dengan dua pilar raksasa dan dua barongsai, patung-patung budha, hingga sumur bercat kuning cerah yang mengundang likes di galeri Instagram Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif