News
Minggu, 18 Juni 2017 - 21:30 WIB

Hormati Salat Id, Gereja Katedral Ubah Jadwal Misa

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta, Kamis (25/12/2014). (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Gereja Katedral Jakarta mengubah jadwal misa demi menghormati umat Islam yang hendak melaksanakan salat Id.

Solopos.com, JAKARTA — Sebuah kertas selebaran beredar dan menjadi viral di lini massa media sosial sepekan menjelang perayaan Idul Fitri 1438 H. Kertas itu bertuliskan pengumuman pengunduran jadwal misa untuk Minggu (25/6/2017) untuk mendukung pelaksanaan salat Id.

Advertisement

“Sehubungan dengan Hari Raya Idul Fitri dan Sholat Ied, halaman Gereja Katedral dipakai untuk mendukung terlaksananya kegiatan saudara kita kaum muslim maka, jadwal misa Minggu, 25 Juni 2017, diubah,” demikian tertulis dalam pengumuman yang beredar pada, Minggu (18/6/2017), tersebut.

Berdasarkan pengumuman tersebut, jadwal misa pagi diubah menjadi pukul 10.00 WIB dan 12.00 WIB. Sementara itu, untuk sore hari, jadwal misa tetap seperti biasa, yaitu pukul 17.00 WIB dan 19.00 WIB.

Hal itu dikonfirmasi oleh pernyataan Sekretaris Keuskupan Romo Adi Prasojo Pr. Dalam pernyataannya yang dikutip sesawi.net, dia mengonfirmasi bahwa pengumuman itu dibuat Kepala Paroki Gereja Katedral, Romo Hani Rudi SJ.

Advertisement

“Kebijakan pastoral kreatif itu diambil oleh Romo Kepala Paroki bersama Dewan Paroki Harian Paroki Katedral. Dan kami Kuria Keuskupan Agung Jakarta [KAJ] mendukung,” ujar Romo Adi kepada Sesawi.net lewat pesan singkat di Jakarta, Minggu (16/6/2017).

Menurut Romo Adi, Romo Hani ingin mewujudkan sikap bertetangga yang baik dan menjunjung tinggi toleransi kepada umat muslim. Salat Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan perayaan Ekaristi.

Sebelumnya, pihak Gereja Katedral juga memberikan keleluasaan bagi umat Islam yang menunaikan salat Id di Masjid Istiqlal untuk memarkir kendaraan di halaman gereja tahun lalu. Hal ini menunjukkan semangat toleransi dan saling menghormati antarumat beragama.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif