Soloraya
Sabtu, 17 Juni 2017 - 14:00 WIB

LEBARAN 2017 : Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, 96 Rambu Dipasang di Sragen

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kasi Teknologi dan Prasarana Jalan Dishub Sragen Pursis Yuliono (kiri) berdiskusi dengan Kasatlantas Polres Sragen AKP Dwi Erna Rustanti saat pemasangan RPPJ di simpang tiga Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Sabtu (17/6/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Lebaran  2017, Dishub dan Satlantas Polres Sragen memasang RPPJ.

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sragen memasang 61 rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) portabel untuk arus mudik Lebaran 2017 di Gemolong dan Sragen Kota mulai Jumat (16/6/2017).

Advertisement

Selain itu, Dishub dan Satlantas juga menyiapkan 35 unit RPPJ portabel untuk persiapan arus balik Lebaran 2017.

Pemasangan RPPJ secara simbolis dilaksanakan Kasi Teknologi dan Prasarana Jalan Dishub Sragen Pursis Yuliono dan Kasatlantas Polres Sragen AKP Dwi Erna Rustanti di simpang tiga Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Sabtu (17/6/2017).

Rambu RPPJ tersebut berfungsi memberi petunjuk arah bagi para pemudik untuk masuk ke jalur alternatif dan memasuki jalur mudik tol.

Advertisement

“Rambu di simpang tiga Pungkruk ini untuk mengalihkan arus dari Solo agar masuk ke jalur lingkar utara. Arus lalu lintas dari jalan tol juga dimasukkan ke jalur lingkar utara,” ujar Kasatlantas mewakili Kapolres Sragen AKBP Cahyo Widiarso saat ditemui wartawan di sela-sela pemasangan RPPJ tersebut.

Pursis mengatakan jumlah RPPJ yang dipasang untuk arus mudik sebanyak 61 unit yang terdiri atas 36 unit di wilayah Gemolong dan 25 unit di wilayah Kota Sragen.

“Nanti arus dari Salatiga dialihkan dari Kwangen Gemolong sampai Ngebuk Miri. Yang mau ke Purwodadi langsung belok ke kiri [utara] dan yang mau ke arah Sragen dan Ngawi belok kanan hingga ke Joyorejan balik ke kiri hingga tembus ke jalan raya Gemolong-Tanon. Arus dari Sragen ke Solo bisa belok kiri dari depan SMK Sakti hingga tembus ke Pasar Gemolong, RSUD dr. Soeratno dan jalan Solo-Purwodadi,” ujarnya.

Advertisement

Kemudian arus dari Solo belok kiri di depan RSI Yakssi hingga tembus ke Kwangen Gemolong kemudian bisa belok ke barat arah Salatiga atau lurus ke arah Purwodadi.

Pursis mengatakan akan mengganti RPPJ arus mudik dengan RPPJ arus balik pada Senin (26/6/2017) malam. Dia menyiapkan 35 unit RPPJ dengan penebalan rambu di pintu keluar tol Paldaplang dan simpang tiga Paldaplang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif