Jogja
Kamis, 15 Juni 2017 - 08:22 WIB

LALU LINTAS JOGJA : 1,55 Juta Unit Mobil Pribadi Diprediksi Bakal Lalu Lalang Selama Libur Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jalur lalu lintas Jogja-Solo (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

Lalu lintas Jogja, diprediksi ada peningkatan penggunaan kendaraan pribadi

Harianjogja.com, JOGJA – Kendaraan roda empat diprediksi bakal memenuhi DIY selama arus mudik dan libur lebaran 2017. Dinas Perhubungan DIY memetakan ada 50 titik rawan kemacetan yang harus diantisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas. Salahsatu langkahnya dengan menambah durasi lampu merah di setiap bangjo arah menuju ke dalam Kota Jogja.

Advertisement

Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Agus Harry Triono menjelaskan, prediksi penggunaan mobil pribadi di lebaran 2017 ini diprediksi meningkat tajam. Dengan rincian jika tahun 2016 di angka 1,48 juta unit mobil pribadi, di 2017 diperkirakan melonjak 5% menjadi 1,55 juta atau perkiraan meningkat sebanyak 74.018 unit. Padahal di tahun 2016 sendiri, pemudik menggunakan mobil pribadi menurun dari 1,52 juta di 2015 menjadi 1,48 juta di 2016.

“Pertimbangan kami, tahun ini meningkat karena beberapa tol Jawa yang mengarah ke DIY sudah jadi. Seperti Tol Salatiga, lalu sudah sampai Sragen dan lainnya. Kami perkirakan, pemudik akan banyak memakai mobil pribadi, sehingga nyaman bepergian,” terangnya, Rabu (14/6/2017).

Jumlah itu diprediksi akan melintasi empat penjuru DIY, antara lain, tiga wilayah di Sleman yaitu, Tempel, Prambanan dan Gamping serta satu wilayah di Bantul yaitu Piyungan. Dari keempat pintu itulah kendaraan keluar masuk akan dapat terpantau secara jelas.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif