Entertainment
Kamis, 15 Juni 2017 - 18:10 WIB

K-POP : Ternyata Ini Alasan Gaon Tak Anggap Album G-Dragon

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Album Kwon Ji Yong G-Dragon (Allkpop)

Gaon tidak menganggap album Kwon Ji Yon sebagai “album”.

Solopos.com, SEOUL – Penyanyi yang juga leader boy band Big Bang, G-Dragon, baru saja meluncurkan album solo, Kwon Ji Yong. Baru saja dirilis, ia harus dihadapkan masalah yang cukup pelik. Albumnya tak diakui oleh Gaon. Lantas apa penyebabnya?

Advertisement

Sebagaimana dilansir Soompi, Selasa (15/6/2017), menurut undang-undang hak cipta yang ada di Korea Selatan saat ini, sebuah album adalah objek fisik yang berisi lagu. USB seperti LP, tape, atau CD- adalah alat yang dapat menyimpan musik. Album Kwon Ji Yong yang dirilis dalam bentuk USB sebenarnya sudah disetujui oleh mereka.

Namun, USB Kwon Ji Yong ternyata hanya berisi link ke sebuah situs di mana pembeli dapat memasukkan kode kunci yang tercetak pada kotak album untuk men-download album dan video. Karena tidak ada musik secara teknis di USB, Korea Music Content Industry menyebutnya bukan “album” yang sebenarnya.

Organisasi tersebut menganggap hal seperti ini sebagai “album kino” yakni jenis album baru yang memungkinkan pengguna men-download album, video musik, foto, dan lainnya melalui aplikasi ponsel pintar atau komputer. Korea Music Content Industry tidak mengkategorikan “album kino” sebagai sebuah “album”.

Advertisement

Akibatnya, album G-Dragon Kwon Ji Yong tidak disertakan dalam grafik penjualan album Gaon, yang kemudian akan berdampak pada rangkingnya untuk SBS Inkigayo dan MBC Show! Music Core, yang memperhitungkan bagan album Gaon.

G-Dragon pun kecewa dengan keputusan ini. Ia bahkan menumpahkan kesedihannya lewat akun Instagramnya @xxxibgdrgn.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif