News
Kamis, 15 Juni 2017 - 00:00 WIB

Diisolasi Arab Cs, Qatar Airways Klaim Tak Terganggu

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Qatar Airways (Connections.be)

Qatar Airways mengklaim tak terganggu isolasi yang dilakukan Arab Saudi dan sejumlah negara tetangganya.

Solopos.com, JAKARTA — Maskapai penerbangan Qatar Airways mengklaim sebagian besar operasinya tidak terpengaruh oleh pembatasan wilayah udara yang baru-baru ini diberlakukan oleh empat negara Arab, termasuk Arab Saudi.

Advertisement

CEO Qatar Airways Akbar al-Baker bahkan mengatakan korporasinya akan melanjutkan rencana penambahan 24 destinasi antara 2017 dan 2018. Proyek itu tetap dilakukan meskipun ada pembatasan ruang udara yang memaksa maskapai tersebut untuk terbang lebih lama dalam upaya menghindari wilayah udara yang dilarang.

“Sejauh yang kita tahu, ini bisnis seperti biasa,” kata al-Baker, dikutip Reuters, Rabu (14/7/2017).

Sebelumnya, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain memutuskan hubungan lewat udara, laut, dan darat dengan Doha pekan lalu seraya menuding Qatar mendukung terorisme. Aksi ini diikuti pemutusan hubungan diplomatik oleh tiga negara lainnya, yaitu Yaman, Libya, dan Maladewa. Adapun, Qatar sudah membantah semua tuduhan itu.

Advertisement

Dampaknya, Qatar Airways yang merupakan badan usaha milik negara dan pesawat milik Qatar lainnya diblokir dari penggunaan wilayah udara di empat negara Arab, yakni Arab Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain. Adapun, al-Baker kembali menyerukan kepada badan penerbangan PBB untuk campur tangan dalam perselisihan hak wilayah udara.

“Kami meminta Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk menyatakan bahwa tindakan ini ilegal,” kata al-Baker dalam sebuah pernyataan. “Kami bukan badan politik, kami adalah perusahaan penerbangan, dan blokade ini telah menghapuskan hak-hak yang dijamin bagi kami.”

Al-Baker juga mengatakan akan memindahkan pesawat yang digunakannya untuk terbang ke Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir untuk mempercepat rencana ekspansi. Sejauh ini, Qatar Airways terbang ke lebih dari 150 destinasi global dari Doha.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif