Jogja
Rabu, 14 Juni 2017 - 15:55 WIB

Rela Antre 2 Jam Demi Tukar Uang Baru

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penukaran uang baru di Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY, Senin (12/6/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY melayani penukaran uang baru melalui mobil kas keliling

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY melayani penukaran uang baru melalui mobil kas keliling di depan gedung BI DIY, Selasa (13/6/2017). Masyarakat rela antre lebih dari dua jam untuk bisa menukarkan uang secara gratis.

Lokasi mobil kas keliling tepat berseberangan dengan lapak penyedia jasa tukar uang yang ada di sepanjang Jl. Panembahan Senopati. Ratusan warga mengular di depan mobil kas keliling itu sementara lapak para penyedia jasa tukar uang terlihat sepi.

Salah satu warga yang ikut mengantre, Sunaryo, mengaku beruntung dengan adanya layanan Kas Keliling itu. “Saya pas kebetulan lewat, kok ramai-ramai, lalu saya tanya ternyata penukaran uang. Ya sudah saya gabung,” katanya, di lokasi antrean.

Advertisement

Ia mengantre sejak pukul 9.00 WIB dan baru mendapat giliran sekitar pukul 11.30 WIB. Menurutnya, ia lebih baik mengantre lama daripada harus membayar kepada para penyedia jasa tukar uang. “Saya nggak mau beli uang,” katanya.

Ia sendiri baru pertama kali menukarkan uang baru secara langsung. Selama ini, ia hanya menitipkan pada teman di kantornya. Namun karena sudah memasuki masa pensiun, pria asal Kiyaran, Wukirsari, Cangkringan, Sleman ini pun menyempatkan diri untuk menukarkan uangnya.

Dalam sekali penukaran, Bank Indonesia membatasi satu orang hanya boleh menukarkan satu paket uang senilai Rp3,7 juta, dengan rincian 1 bendel pecahan Rp20.000 senilai Rp2 juta, 1 bendel pecahan Rp10.000 senilai Rp1 juta, 1 bendel pecahan Rp5.000 senilai Rp500.000, dan 1 bendel pecahan Rp2.000 senilai Rp200.000. “Sebenarnya ingin nukar lebih tapi mungkin biar yang lain kebagian,” katanya.

Advertisement

Dalam penukaran itu, BI hanya melayani penukaran untuk 150 orang. Penukaran uang baru melalui kas keliling akan digelar di lokasi lain, seperti di area pasar dan daerah terpencil seperti Wonosari.

Menjelang Ramadan, KPw BI DIY menggelar Kas Keliling di 24 titik di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, Pasar Bantul, Pasar Wates, Pasar Tempel, Pasar Prambanan, dan Pasar Wonosari.

Kegiatan penukaran menggunakan mobil keliling ini dilakukan mulai Senin-Kamis pukul 9-00-12.00 WIB. Penukaran uang juga dilayani di bank umum tetapi dengan mekanisme pembayaran nontunai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif