Soloraya
Rabu, 14 Juni 2017 - 08:35 WIB

Kodim 0723/Klaten Bantu Cegah Banjir dengan Pasang Bronjong di 3 Sungai

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga bersama personel Kodim 0723/Klaten dan BPBD Klaten gotong royong memasang bronjong di Desa Karangtalun, Kecamatan Karangdowo, beberapa waktu yang lalu. (Istimewa/Kodim 0723/Klaten)

Kodim 0723/Klaten memasang bronjong di tiga sungai untuk mencegah meluapnya air sehingga membanjiri permukiman warga.

Solopos.com, KLATEN — Anggota Kodim 0723/Klaten memasang bronjong untuk memperkuat talut di tiga sungai, yaitu di Sungai Babadan, Sungai Gamping, dan Sungai Jaran. Selain mencegah banjir, pemasangan bronjong itu untuk mengelola pasokan air irigasi pertanian wilayah Kabupaten Klaten.

Advertisement

Pemasangan bronjong itu difouskan di ruas Sungai Gamping yang melintasi Desa Tegalrejo Kecamatan Bayat, Sungai Babadan di ruas Desa Karangtalun Kecamatan Karangdowo, dan Sungai Jaran di Desa Nanggulan Kecamatan Cawas. “Kegiatan ini dilakukan agar debit air yang masuk ke saluran irigasi dapat optimal sehingga tidak menimbulkan banjir. Selain itu, bronjong bisa mengurangi risiko pengikisan tanggul yang mengakibatkan rusaknya persawahan di Desa Tegalrejo,” kata Danramil 07/Wedi, Kapten Czi Rusmani, sebagaimana disampaikan dalam rilisnya kepada Solopos.com, Senin (12/6/2017).

Pemasangan bronjong dilakukan bergotong royong bersama masyarakat setempat, pemerintah kecamatan, personel TNI, serta personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten. “Tak hanya pemasangan bronjong, kegiatan juga termasuk membersihkan saluran irigasi ke persawahan,” lanjut Rusmani.

Salah seorang warga Desa Tegalrejo, Mandala, menuturkan tebing Sungai Gamping memerlukan perbaikan permanen. Pemasangan bronjong secara darurat selama ini kerap jebol saat debit air Sungai Gamping meluap.

Advertisement

“Kami berharap pihak terkait bisa membangun bronjong permanen di sekitar pangkal irigasi ini. Dengan begitu, air yang mengalir ke irigasi dapat optimal,” harap Mandala.

Dandim 0723/Klaten, Letkol (Inf) Bayu Jagat, menyampaikan kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat. TNI bersama masyarakat dan stakeholder lainnya bersama-sama bekerja memperbaiki bronjong dan membersihkan saluran irigasi.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif