Jateng
Rabu, 14 Juni 2017 - 09:50 WIB

Harga Kebutuhan Pokok Jateng Diklaim Gubernur Terkendali

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Harga kebutuhan pokok masyarakat di Kota Semarang dianggap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai cermin standar kondisi seluruh wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengklaim harga kebutuhan pokok di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya masih terkendali seiring dengan terjaganya pasokan di pasaran. Selama ini, fluktuasi aneka komoditas kebutuhan pokok masyarakat dianggap lazim selama bulan Ramadan hingga Lebaran 2017 seperti saat ini.

Advertisement

“Harga komoditas pangan sejauh ini masih terkendali. Dalam hal ini, Bulog ikut membantu pengendalian harga dengan menggelontorkan sejumlah komoditas,” katanya di sela-sela pemantauan harga di lahan relokasi Pasar Johar, Kota Semarang, Senin (12/6/2017).

Ia mengatakan Bulog saat ini masih memiliki stok sejumlah komoditas pokok, salah satunya bawang putih yang akhir-akhir ini harganya terus mengalami kenaikan. “Dengan ketersediaan yang cukup, Bulog menyatakan siap jika sewaktu-waktu harus melakukan operasi pasar,” katanya.

Selain memastikan stok komoditas pokok, pihaknya juga telah membentuk satgas mafia pangan untuk mengantisipasi kondisi suplai dan keamanan bahan pangan di lapangan, seperti peredaran makanan palsu yang sedang marak dan makanan kedaluwarsa.

Advertisement

Sementara itu, pada pemantauan pasar tersebut salah satu pedagang di lahan relokasi Pasar Johar Suwadi mengatakan sejak satu bulan terakhir ini harga bawang putih jenis kating terus meningkat. Saat ini, harga bawang putih kating Rp65.000/kg atau meningkat dibandingkan sebelumnya, yaitu Rp35.000/kg. “Kenaikan harga ini karena pasokannya masih terbatas, mungkin karena belum memasuki masa panen,” katanya.

Sedangkan untuk bawang putih biasa atau sincung sejauh ini harganya masih stabil, yaitu Rp25.000/kg. Selanjutnya untuk bawang merah harganya di kisaran Rp23.000/kg atau mengalami kenaikan tipis dari sebelumnya Rp20.000/kg.

Sementara itu, pedagang lain Yamti mengatakan untuk komoditas cabai saat ini mengalami penurunan harga. Ia mengatakan untuk cabai merah keriting saat ini harga di kisaran Rp10.000/kg, cabai rawit hijau Rp20.000/kg, dan cabai rawit merah Rp24 ribu/kg. Ia mengatakan penurunan harga tersebut seiring dengan melimpahnya distribusi dari petani pada saat panen raya yang hingga saat ini masih berlangsung. Komoditas lain yang juga harganya masih stabil, di antaranya adalah daging ayam yaitu, Rp29.000/kg dan daging sapi masih di kisaran Rp95.000/kg.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif