News
Selasa, 13 Juni 2017 - 08:00 WIB

Manfaatkan! 3.826 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pegawai Dinas Perhubungan Kota Salatiga mendata rambu portabel kelengkapan mudik Lebaran 2017, Jumat (9/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Ribuan pos kesehatan disediakan pemerintah di sepanjang jalur mudik.

Solopos.com, JAKARTA — Lebih dari 3.500 pos kesehatan disipakan di sepanjang jalur mudik baik di Jakarta, Jawa, Banten, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi guna mendukung kelancaran aktivitas mudik Lebaran 2017 nanti

Advertisement

Kementerian Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan pihaknya telah menyiapkan sekitar 3.826 pos kesehatan di sepanjang jalur mudik. Kemenkes memberdayakan tiap-tiap rumah sakit, puskesmas, dan kantor kesehatan pelabuhan, yang ada di jalur mudik.

“Pos kesehatan total jumlah 3.826 itu terdiri dari pos kesehatan, puskesmas, rumah sakit, kantor kesehatan pelabuhan dan public safety center 119,” katanya, Senin (12/6/2017).

Kendati telah menyediakan ribuan pos kesehatan, dia mengingatkan agar para pemudik tetap bertanggung jawab atas kesehatan pribadi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau hal buruk lainnya.

Advertisement

Dia mengimmbau agar para pemudik, khususnya yang akan berkendara menggunakan kendaraan pribadi untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan yang menyebabkan kantuk. Dia juga mendorong agar para pemudik tidak segan-segan memeriksakan diri di pos-pos kesehatan yang tersedia di sepanjang jalur mudik jika memiliki keluhan darah tinggi atau tanda-tanda penyakit lainnya.

“Pemudik harus jaga kesehatan juga kebersihan,” pungkasnya. Untuk mendukung respons pengobatan atau pertolongan cepat, pihaknya juga menyediakan ambulans baik roda empat juga roda dua.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif