Jogja
Selasa, 13 Juni 2017 - 05:22 WIB

LEBARAN 2017 : Liburan di Bantul? Ini Daftar Atraksi Kesenian di Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana di Pantai Parangtritis yang mulai ramai dikunjungi oleh ribuan pengunjung sejak Kamis, (7/7/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2017, Pemkab Bantul menyiapkan sejumlah agenda

Harianjogja.com, Bantul — Dinas Pariwisata Bantul mulai bersiap menyambut kedatangan wisatawan saat libur Idul Fitri 1438 Hijriah. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah atraksi kesenian di beberapa objek wisata dan berkoordinasi untuk pengaturan arus lalu lintas.

Advertisement

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata, Karman mengatakan ada beberapa atraksi kesenian yang akan ditampilkan seperti jathilan, wayang, tari-tarian, dan lain-lain. Menurutnya atraksi kesenian akan mulai ditampilkan selama sejak H+2 lebaran. Atraksi-atraksi tersebut berasal dari masyarakat sekitar juga kelompok kesenian di Bantul.

“Kelompok kesenian yang tampil ada yang melalui seleksi, ada beberapa yang telah ikut festival. Atraksi kesenian itu diharapkan bisa menjadi daya tarik dan menghibur wisatawan,” katanya, Minggu (12/6/2017).

Karman menambahkan ada beberapa objek wisata di Bantul yang akan dilengkapi dengan atraksi kesenian, di antaranya Pantai Parangtritis, Pantai Gua Cemara serta objek wisata lain yang punya potensi di bidang keseniannya dan diprediksi mendatangan wisatawan dalam jumlah yang besar.

Advertisement

Sementara itu terkait dengan kesiapan secara umum menghadapi libur Lebaran 2017, Plt Kepala Dispar Bantul Supriyanto mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Dinas sudah rapat koordinasi bersama Dishub dan Saptol PP karena nanti di lapangan perlu bantuan pengamanan jalan dan rakayasa arus lalu lintas,” katanya.

Supriyanto menambahkan selama libur Lebaran pendapatan asli daerah (PAD) dari penarikan retribusi wisata ditargetkan mencapai sekitar Rp1 miliar, dengan perolehan terbesar dari objek wisata Pantai Parangtritis.

Advertisement

“Sampai dengan akhir Mei pendapatan wisata sudah mencapai Rp6,2 miliar, kita optimistis hingga libur Lebaran selesai pendapatan bisa mencapai angka Rp7 miliar,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif