Jogja
Selasa, 13 Juni 2017 - 01:22 WIB

AKSI SOSIAL : Safari Ramadan, Direksi BRI Kunjungi Ponpes di Sleman

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN RI Gatot Trihargo (tiga kiri) didampingi Direktur Human Capital Bank BRI Priyastomo (dua kiri), dan Pemimpin Wilayah BRI Yogyakarta Andik Eko Putro (kanan) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pengurus Pondok Pesantren Pandanaran Sleman, Minggu (11/6/2017). (IST/BRI)

Aksi sosial dilakukan jajaran pimpinan BRI

Harianjogja.com, SLEMAN-Kementerian BUMN Republik Indonesia menggelar kegiatan Safari Ramadan BUMN dengan mengunjungi beberapa pondok pesantren (Ponpes) di wilayah DIY dan Jawa Tengah bagian selatan. Kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan bantuan untuk penghuni pondok pesantren.

Advertisement

Khusus untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah, Kementerian BUMN menggandeng Bank BRI untuk menyalurkan bantuan yang masuk dalam kegiatan corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli berupa bingkisan Ramadan kepada empat pondok pesantren di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Di antaranya Ponpes Api Tegalrejo Magelang, Ponpes Al Munawwir Bantul, Ponpes Al Asyariah di Wonosobo, dan Ponpes Sunan Pandanaran di Sleman.

Pada Minggu (11/6/2017) kemarin, Direktur Human Capital Bank BRI Priyastomo bersama Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN RI Gatot Trihargo mengunjungi Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman. Dalam kunjungan yang mengangkat tema Berbagi Bahagia di Pondok Pesantren itu, Bank BRI menyalurkan bingkisan berupa 10 ton beras, 2 ton gula, 50 kg daging sapi, 2.000 liter minyak goreng, perlengkapan ibadah seperti sarung dan mukena, serta bantuan uang tunai senilai Rp100 juta kepada pesantren Sunan Pandanaran, Sleman.

“Ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Safari Ramadan Kementerian BUMN, yakni dengan mengunjungi beberapa pesantren di Indonesia,“ ungkap Gatot Trihargo, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (11/6/2017).

Advertisement

Sementara Priyastomo menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan merupakan langkah nyata Bank BRI dalam memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia.

Total bantuan yang digulirkan oleh Bank BRI dalam kunjungan-kunjungan ini lebih dari Rp1,8 miliar yang disalurkan untuk kepentingan pengembangan pendidikan Islam di pondok pesantren. “Kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan pendidikan Islam di pondok pesantren,” ungkap Priyastomo.

Tidak hanya memberikan bantuan berupa bingkisan, Bank BRI bersama Kementerian BUMN RI juga menyampaikan beberapa program-program yang kedepan akan diimplementasikan oleh kementerian untuk mewujudkan lahirnya embrio santripreneur muda. Safari Ramadan ini juga bertujuan untuk mengedukasi seluruh santri agar dapat berdaya dan mandiri serta mampu menciptakan sumber daya ekonomi mandiri yang berbasis di pondok pesantren.

Advertisement

Pemimpin Wilayah BRI Yogyakarta Andik Eko Putro yang turut hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan, kegiatan Safari Ramadan juga diikuti oleh bank-bank umum lainnya. Hanya saja, setiap bank memiliki cakupan wilayah yang berbeda. Seperti BRI, mendapat bagian untuk melaksanakan kegiatan CSR-nya di Jogja dan Jawa Tengah bagian selatan, Bank Mandiri di Jawa Barat, BNI di Jawa Timur, dan BTN di Semarang. Kegiatan Safari Ramadan BUMN tersebut dilaksanakan rutin setiap tahun.

Andik menjelaskan, dalam kesempatan kunjungan tersebut, secara tidak langsung BRI juga memberikan pengetahuan tentang perbankan. “Seperti di ponpes itu kan ada koperasinya, BMT-nya, ada toko yang diinternalnya, di situ kami ajarkan daripada repot-repot bawa uang cash mending pakai transaksi nontunai jadi kami bawa dan kenalkan mesin EDC [electronic data capture],” tutur Andik pada Harian Jogja.

Advertisement
Kata Kunci : Aksi Sosial BRI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif