Jogja
Senin, 12 Juni 2017 - 08:22 WIB

LEBARAN 2017 : Permintaan Tinggi, Harga Tiket Bus Naik 100%

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Agen penjualan tiket bus yang berada di kompleks Terminal Dhaksinarga, Kecamatan Wonosari sedang melayani pembelian tiket. Minggu (11/6/2017) (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2017, bukan hanya tiket mudik, tiket arus balik pun semakin menipis.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dua pekan menjelang lebaran suasana Terminal Dhaksinarga, Kecamatan Wonosari masih sepi penumpang. Namun demikian ratusan tiket bus untuk arus balik Lebaran sudah banyak dipesan sejak jauh-jauh hari.

Advertisement

Baca Juga : LEBARAN 2017 : Tiket Arus Balik Banyak Diburu, Jakarta, Bandung dan Kota di Sumatra Jadi Tujuan

Ketua Paguyuban Agen Bus Malam, Terminal Dhaksinarga, Agustinus Sujatmo menyampaikan akibat kenaikan permintaan ini, harga tiket bus dari Gunungkidul tujuan Jakarta mengalami kenaikan hingga 100% lebih. Jika pada hari biasa tiket bus Patas AC dijual Rp160.000, namun saat arus balik harganya rata-rata menjadi Rp350.000.

Meskipun harganya naik tajam namun sejumlah PO, kata dia masih tetap kewalahan dalam mengahadapi tingginya permintaan jasa perjalanan saat arus balik. Hal itu kemudian membuat sejumlah PO terpaksa menambah jumlah armada hingga tiga kali lipat jika dibanding hari bisa.

Advertisement

“Kalau hari biasa total yang beropersi ada 24 bus, tapi kalau saat arus balik Lebaran bisa bertambah. Seperti tahun lalu saja bisa mencapai 100 bus. Armanda yang biasanya khusus untuk pariwisata dioperasikan untuk angkutan lebaran,” kata dia, Minggu (11/6/2017).

Sementara itu, demi memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik, Dinas Perhubungan juga secara berkala melakukan operasi kelayakan angkutan lebaran, yang beropersi di Terminal Dhaksinarga. “Mulai awal Ramadan kami telah melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan dan kesehatan para sopir di terminal,” kata Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Kuncoro Budi Santoso.

Pihaknya berharap supaya semua PO memprioritaskan keselamatan penumpang dengan mematuhi aturan standart kelayakan kendaraan. Pun demikian pihaknya juga menghimbau kepada penumpang agar dapat memilih angkutan lebaran yang aman dan layak lajak.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif