Jogja
Minggu, 11 Juni 2017 - 06:20 WIB

WISATA KULONPROGO : Menikmati Pesona Pagi Tepian Sermo

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana pagi hari di tepian Waduk Sermo, di Desa Hargowilis, Kokap. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo dengan berkemah di Waduk Sermo bisa menjadi pilihan berakhir pekan

Harianjogja.com, KULONPROGO– Waduk Sermo tak kehilangan pesona alaminya. Walaupun banyak spot latar belakang foto yang menggoda wisatawan untuk eksis bergaya, menikmati hangatnya matahari pagi, sembari bersenda gurau bersama teman, masih menjadi pilihan menghabiskan akhir pekan.

Advertisement

Seperti dilakukan Diaz Hanif Satrio, warga Cirebon yang menempuh perkuliahan di Jogja berikut. Ia datang ke waduk yang memiliki luas 157 Hektare itu pada Sabtu sore bersama dua orang temannya.

Sebelumnya ia telah terlebih dahulu menikmati kecantikan dan keindahan Kalibiru. Hingga sekitar pukul 16.00 WIB mereka tiba di waduk, dan segera mendirikan tenda, sebelum hari beranjak gelap.

Waduk Sermo dipilih menjadi lokasi berakhir pekan, karena ia ingin sesekali merasakan keseruan baru, berkemah di tepian waduk. Bosan menghabiskan waktu di pantai, menjadi salah satu alasan. Sore hingga malam mereka isi dengan bercanda tawa, sesekali berdiskusi dan mempersiapkan peralatan mancing yang akan digunakan esok harinya.

Advertisement

“Di sini sepi, enak, suasana alamnya masih dapet banget,” ungkapnya, akhir pekan lalu.

Mengejar cahaya keemasan dari matahari terbit dan terbenam di tepian Sermo, menjadi satu keindahan yang berhasil mereka dapatkan. Berada di pinggiran waduk yang diresmikan oleh pemerintah pada 20 November 1996 itu, ia merasakan betul, kala udara pagi yang awalnya dingin dan lembab, perlahan menjadi hangat dan benderang.

“Kemungkinan kapan-kapan mau ke sini lagi,” ungkap Diaz, yang berhasil memancing ikan gabus dari waduk tersebut.

Advertisement

Sementara itu, Taufik Afilianto Adiasmara tak menyangka, libur akhir pekan kali itu bukan hanya menyisakan kenangan tentang syahdu warna langit kala senja dan fajar tiba. Melainkan juga pengalaman memancing yang mengesankan.

“Spot mancing yang menjanjikan di sini, dapat ikan yang besar juga tadi. Suatu hari ingin explore Kulonprogo lagi,” tutur Taufik, yang asli Solo itu.

Ia juga berharap para pengunjung yang menghabiskan waktu dengan berkemah dan memancign di sana, tidak meninggalkan sampah. Agar suasana Waduk Sermo tetap terjaga bersih, bagus dan indah.

Advertisement
Kata Kunci : Waduk Sermo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif