News
Minggu, 11 Juni 2017 - 22:30 WIB

Saifullah Yusuf Berpotensi Calon Tunggal Pilkada Jatim, Gerindra Kuatir

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (JIBI/Solopos/Antara/Saiful Arif)

Saifullah Yusuf berpotensi menjadi calon tunggal di Pilkada Jatim setelah elektabilitasnya unggul di puncak survei.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono mengaku khawatir akan muncul calon tunggal pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2018 setelah nama Saifullah diunggulkan dalam sebuah hasil survei.

Advertisement

Untuk itu, pihaknya akan melobi Partai Demokrat dan partai lainnya guna mencari sosok penantang Saifullah (Gus Ipul). Partai Gerindra akan berupaya untuk menghindari calon tunggal di Pilkada Jawa Timur 2018, ujar Ferry.

“Partai Gerindra akan memutuskan apakah akan calon tunggal apa ada calon lain, kita akan bicarakan dengan partai Demokrat dan partai-partai lain,” kata Ferry, Minggu (11/9/2017).

Berdasarkan hasil survei Poltracking, nama Saifullah Yusuf yang sudah didukung PKB menjadi calon kuat untuk memenangi Pilkada Jatim di atas nama Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa. Namun, selisih elektabilitas keduanya hanya berkisar 5%. Baca juga: Poltracking: Saifullah Yusuf Ungguli Tri Rismaharini.

Advertisement

“Menurut saya kita harus hindari calon tunggal Saifullah Yusuf atau dengan siapapun wakilnya, walaupun Saifullah kalau maju sebagai kepala daerah atau jadi gubernur akan menjadi manfaat untuk masyarakat Jawa timur,” ujarnya.

Akan tetapi kalau realitasnya harus ada calon tunggal Saifullah Yusuf, maka hal ini pertama kali di Jawa akan ada koalisi PDIP dengan Gerindra. “Tapi kami belum memutuskan, dengan adanya masukan Poltracking kita bisa munculkan nama baru, nama lain di luar Saifullah dan Khofifah,” ujar Ferry.

Dia berharap PDIP mau mencalonkan Tri Rismaharini (Risma) untuk bertarung dengan Saifullah Yusuf. “Makanya kesempatan tadi PDIP sekiranya kalau mau munculkan Ibu Risma untuk berhadapan dengan Saifullah Yusuf,” ujar Ferry.

Advertisement

“Dengan angka-angka yang dimunculkan hasil survei Poltracking, PDIP seharusnya berani memunculkan nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini,” ujar Ferry.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif