News
Minggu, 11 Juni 2017 - 22:00 WIB

PILKADA JATIM : Survei Poltracking Tempatkan Saifullah Yusuf Ungguli Tri Rismaharini

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Survei Poltracking menempatkan elektabilitas Saifullah Yusuf di atas Tri Rismaharini untuk Pilkada Jatim 2018.

Solopos.com, JAKARTA — Elektabilitas Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengungguli Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam survei Poltracking Indonesia terhadap kandidat untuk Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2018. Nama Saifullah Yusuf menempati posisi pertama dengan 32.29%.

Advertisement

Berikutnya, ada Tri Rismaharini (27.08%), Khofifah Indar Parawansa (19.11%), dan Abdullah Azhar Anas (8.47%). “Jika Pilkada Jawa Timur dilaksanakan sekarang, maka Saifullah Yusuf berpotensi unggul untuk menjadi Gubernur Jawa Timur,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (11/6/2017).

Sementara dari tingkat popularitas, nama Khofifah menempati posisi pertama (76%), diikuti Saifullah Yusuf (76%), Tri Rismaharini (70%), dan Abdullah Azwar Anas (33%). Survey poltracking Indonesia dilaksanakan pada tanggal 19-25 Mei 2017 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden 800 orang dengan margin of error sebesar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. Maksud dan tujuan survei ingin melihat persepsi dan perilaku masyarakat menjelang Pilkada Jawa Timur 2018,” ujarnya.

Advertisement

Namun perlu dicatat, dengan jadwal pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 yang masih menyiksakan 1 tahun lagi, potensi terjadinya persegeseran pemilih sangat mungkin terjadi. “Artinya peta politik di Jawa Timur masih dinamis,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif