News
Minggu, 11 Juni 2017 - 07:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 11 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Raden Mas Suryaguritna atau Pakubuwana XII. (Infobimo.blogspot.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 11 Juni, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 11 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 11 Juni:

Advertisement

631
Kaisar Tiongkok, Taizong, dari Dinasti Tang mengirim utusan ke Xueyantuo membawa emas dan sutra demi membebaskan tahanan yang diperbudak setelah ditangkap pada masa transisi dari Dinasti Sui ke Dinasti Tang. Dengan langkahnya itu, Kaisar Taizong berhasil membebaskan 80.000 tahanan pria dan wanita.

F.N. Nieuwenhuijzen. (Kompasiana.com)

Advertisement

F.N. Nieuwenhuijzen. (Kompasiana.com)

1860
Pemerintahan Hindia-Belanda di Banjarmasin mengumumkan penghapusan kerajaan di seluruh wilayah Kalimantan, termasuk pemerintahan Kesultanan Banjar. Gubernur F.N. Nieuwenhuijzen yang memiliki kuasa di Kalimantan juga mencabut dukungan kepada Tamjidullah II sebagai Sultan Banjar.

Josef Stalin. (Thetimes.co.uk)

Advertisement

Dokumentasi Pertempuran Wuhan. (Wikimedia.org)

1938
Pertempuran Wuhan yang melibatkan Tentara Revolusioner Tiongkok dan pasukan Kekaisaran Jepang meletus di Wuhan, Tiongkok. Salah satu pertempuran yang terjadi pada masa Perang Tiongkok-Jepang II itu berhsail dimenangi Jepang. Tentara Jepang berhasil mencaplok wilayah Wuhan dari tangan Tiongkok.

1942
Amerika Serikat (AS) menyatakan bersedia untuk mengirimkan bantuan ke Uni Soviet demi mengalahkan Blok Poros pada Perang Dunia II. Bantuan tersebut meliputi kapal perang, pesawat tempur, dan senjata lainnya.

Advertisement

1945
Raden Mas Suryaguritna dinobatkan sebagai raja di Kasunanan Surakarta menggantikan raja sebelumnya Raden Mas Antasena atau Sri Susuhunan Pakubuwono XI yang meninggal dunia. Raden Mas Suryaguritna lantas menyandang nama Sri Susuhunan Pakubuwono XII. Pakubuwono XII memimpin Kasunanan Surakarta hingga akhir hayatnya pada 11 Juni 2004 silam.

1964
Komisi bersama Indonesia-Belanda terbentuk untuk menyelesaikan sengketa Irian Barat sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian New York yang ditandatangani pada 1962. Perjanjian tersebut berisi tentang pemindahan kekuasaan atas Papua barat dari Belanda ke Indonesia.

1998
Program Pangan Dunia PBB menyatakan bahwa kelaparan ekstrem telah terjadi di Sudan. Sekitar 1 juta orang di Sudan diperkirakan meninggal dunia karena kekurangan makanan.

Advertisement

2003
Fosil manusia yang diklaim sebagai yang tertua di dunia ditemukan di wilayah Afar di Etopia. Fosil tersebut diperkirakan berusia 160.000 tahun.

2011
Serangan bom melanda sebuah pasar di Peshawar, Pakistan. Sedkitinya 90 orang terluka dan 34 orang tewas karena ledakan bom tersebut. Pihak berwenang setempat menyatakan serangan tersebut dilakukan kelompok Taliban. Namun perwakilan organisasi Taliban yang berada di Pakistan membantah tuduhan tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Juni

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif