Gelandang Timnas Belanda, Wesley Sneijder. (Dok/JIBI/Solopos/Reuters) Gelandang Timnas Belanda, Wesley Sneijder. (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)
Minggu, 11 Juni 2017 01:00 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

Belanda 5-0 Luksemburg, Sneijder Lampaui Van Der Saar

Wesley Sneijder melampaui rekor Edwin Van Der Saar saat membantu Belanda menghancurkan Luksemburg 5-0.

Solopos.com, ROTTERDAM — Wesley Snijder mendapatkan kado indah tepat di hari ulang tahunnya yang ke-33 tahun. Gelandang gaek Timnas Belanda itu membantu timnya membantai Luksemburg 5-0 pada laga Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Sabtu (10/6/2017) dini hari WIB.

Snijder ikut mencatatkan namanya di papan skor untuk De Oranje, julukan Belanda. Sementara empat gol lain Belanda masing-masing disumbangkan Arjen Robben, Georginio Wijnaldum, Quincy Promes, dan penalti Vincent Janssen.

Pertandingan ini semakin istimewa bagi mantan gelandang Inter Milan tersebut. Pasalnya, ia mencatatkan rekor laga ke-131 untuk Belanda, sekaligus memecahkan rekor legenda De Oranje, Edwin van der Sar.

Tapi yang lebih penting, Belanda bisa memperpanjang napas mengenai kans mereka ke Piala Dunia 2018 di Rusia tahun depan. Kemenangan ini membawa Belanda melejit ke posisi ketiga klasemen sementara Grup A, dengan tertinggal hanya tiga poin di bawah Swedia dan Prancis. Partai berikutnya di Grup A melawan Prancis, September mendatang, sangat krusial bagi kedua tim untuk mempertahankan peluang lolos ke Rusia.

Ini sekaligus menjadi debut manis Dick Advocaat dalam periode ketiganya menakhodai Belanda, plus Ruud Gullit sebagai asistennya. Belanda meneruskan hasil impresif sejak memecat Danny Blind, Maret lalu. Sebelumnya, Arjen Robben cs. juga membantai Pantai Gading dengan skor lima gol tanpa balas pada laga uji coba, tengah pekan lalu.

Dalam catatan Opta, inilah kali pertama Belanda meraih back-to-back dengan margin minimal lima gol sejak menundukkan Malta pada 1983 dan Denmark pada 1984. “Ini sangat emosional. Di usiaku, karena saya begitu emosional setiap mendengar lagu nasional [Belanda]. Saya sedikit berhati-hati,” jelas Advocaat kepada NOS, seperti dilansir fourfourtwo.com.

Advocaat pun tak lupa memuji Sneijder yang baru menjalani hari ulang tahun dengan menyumbangkan gol untuk De Oranje. “Apa yang sudah dilewati Sniejder itu di luar kebiasaan. Hanya ada sedikit pemain di dunia yang bisa menyamai pencapaiannya. Kami harus memanfaatkannya sebisa mungkin,” ujar Advocaat.

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…