Jogja
Jumat, 9 Juni 2017 - 05:22 WIB

RAMADAN 2017 : Disperindag Sleman Sediakan 100 Paket Tabus Sembako Murah

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi paket sembako (JIBI/Solopos/Dok)

Ramadan 2017 dimaknai dengan berbagi

Harianjogja.com, SLEMAN — Pasar Lebaran 2017 yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman menyediakan tebus sembako murah bagi warga miskin. Sebanyak 100 paket berisi gula pasir, minyak goreng, dan beras hanya dibandrol separuh harga.

Advertisement

Bertempat di halaman Disperindag Sleman, pasar ini akan dilaksanakan pada 12 hingga 17 Juni mendatang. Kepala Disperindag Sleman, Tri Endah Yitnani, mengatakan acara ini sebagai ajang promosi produk lokal dengan keikutsertaan 62 UMKM. Selain tebus murah, adapula penjualan sembako bagi masyarakat umum.

Endah menjelaskan jika paket tebus murah berisi 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, dan 1 liter minyak goreng. Sejumlah kebutuhan pokok tersebut normalnya dijual dengan harga berkisar Rp65.000.

“Tapi akan ada subsidi jadi dijual dengan harga Rp30.000 saja per paket,”terangnya pada wartawan, Kamis(8/6/2017).

Advertisement

Hanya saja, tebus murah ini hanya ditujukan bagi warga miskin di Desa Sinduadi, Sleman. Pemerintah daerah akan bekerja sama dengan perangkat desa untuk membagikan kupon yang disediakan. Selain itu, adapula program sembako murah yang bekerja sama dengan pihak ketiga untuk masyarakat umum.

Program ini menyediakan 289 paket dengan komoditas yang serupa. Untuk jenis sembako murah ini, beras 5 kilogram dikenakan harga Rp34.000 dari harga Rp39.000, minyak goreng menjadi Rp11.000 dari semula Rp12.000, dan gula pasir dijual Rp11.000 dari Rp11,900 per kilogram. Selain itu, adapula penjualan daging beku senilai Rp80.000 per kilogram.

Ketersediaan daging beku ini, ujar Kepala Bidang Perdagangan, Nur Hadiyati, tidak dibatasi. “Jumlah yang disediakan akan menyesuaikan respon masyarakat,”jelasnya. Menurutnya, stok daging beku dirasa mencukupi untuk memenuhi permintaan masyarakat selama Pasar  Lebaran. Pasar ini memang bertujuan untuk membantu masyarakat  Sleman memenuhi kebutuhannya selama hari raya dengan harga yang terjangkau.

Advertisement

Disediakan pula sejumlah kue kering, makanan siap saji, pakaian, batk, kerajinan, aksesoris, dan sejumlah produk unggulan dengan harga murah. Diharapkan masyarakat luas, bukan sekedar ASN, turut meramaikan dan mendapatkan manfaat dari acara yang digelar tahunan ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif