Sport
Jumat, 9 Juni 2017 - 15:25 WIB

Dikritik Karena Tak Ikut Mengheningkan Cipta, Arab Saudi Minta Maaf

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Australia vs Saudi (JIBI/REUTERS/David Gray)

Timnas Arab Saudi mendapat kritikan lantaran tak ikut mengheningkan cipta saat menghadapi Australia.

Solopos.com, RIYADH – Tim nasional Arab Saudi mendapat sorotan saat tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Australia di Adelaide Oval, Kamis (8/6/2017). Sebabnya adalah para pemain Arab Saudi tak ikut mengheningkan cipta sesaat sebelum kick-off.

Advertisement

Mengheningkan cipta itu dilakukan sebagai bentuk duka untuk korban serangan teror di Londond Bridge, Inggris, beberapa waktu lalu. Korbannya adalah dua perempuan asal Australia bernama Sara Zelenak dan Kirsty Boden.

Oleh karena itu, Timnas Australia mengajukan permintaan mengheningkan cipta sebelum laga yang memang normal dilakukan di pertandingan sepak bola. Sesaat sebelum laga dimulai, para pemain Australia pun berdiri bergandengan di lingkaran tengah lapangan.

Namun, para pemain Arab Saudi justru tak ikut dan memilih melakukan pemanasan. Hal itu pun menjadi sorotan dunia. Banyak yang menganggap Arab Saudi tak memiliki rasa hormat dan bahkan dianggap mendukung adanya terorisme.

Advertisement

Tapi, Arab Saudi berdalih bahwa mengheningkan cipta bukanlah budaya mereka sehingga mereka tak melakukan hal itu. Justru mereka akan mendapat cemoohan jika ikut mengheningkan cipta, saat nanti kembali ke negaranya. Karena mendapat banyak sortan, Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) akhirnya meminta maaf.

“Federasi Sepakbola Arab Saudi sangat menyesalkan dan secara terbuka meminta maaf atas apapun pelecehan yang timbul dari kegagalan sejumlah anggota perwakilan tim Kerajaan Arab Saudi, untuk secara resmi melakukan satu menit mengheningkan cipta demi mengenang korban serangan teroris di London pada 3 Juni 2017, sebelum laga Kualifikasi Piala Dunia melawan Australia di Adelaide,” ungkap pernyataan resmi SAFF, dilansir Soccerway, Jumat (9/6/2017).

“Para pemain tidak bermaksud untuk tidak menghormati kenangan-kenangan akan para korban atau menimbulkan kekecewaan untuk para keluarga, teman, atau mereka yang terpengaruh oleh kekejian tersebut.”

Advertisement

“Federasi Sepakbola Arab Saudi mengutuk semua tindak terorisme dan ekstremisme dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban dan kepada pemerintah dan rakyat Inggris.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif