Jateng
Kamis, 8 Juni 2017 - 06:50 WIB

RAMADAN 2017 : Dinas Peternakan Janjikan 6 Pasar Murah

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tingginya antusiasme warga mendatangi pasar murah. (JIBI/Solopos/Antara/Yusran Uccang)

Ramadan 2017 diisi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng di enam daerah provinsi setempat.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah (Jateng) akan menggelar enam kali pasar murah di sejumlah daerah provinsi ini selama bulan Ramadan 2017. “Untuk pelaksanaan pasar murah yang pertama kami laksanakan hari ini [Rabu] di Desa Banjarsari, Kabupaten Pati,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Agus Waryanto di Kota Semarang, Rabu (7/6/2017).

Advertisement

Pada pelaksanaan pasar murah tersebut, pihaknya menggandeng sejumlah instansi terkait dan perusahaan swasta untuk menyediakan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran. “Seperti misalnya untuk daging ayam beku dijual Rp22.000/kg, kalau harga di pasar lokal mencapai Rp30.000/kg. Untuk daging ayam ini kami menggandeng PT Charoen Pokphan Indonesia (CPI),” katanya.

Pada kegiatan tersebut disediakan 300 kg daging ayam, 52 kg di antaranya laku terjual. Selain itu, ada pula daging ayam olahan produk dari Fiesta. “Kami juga membagikan telur ayam sebanyak 400 kg secara gratis kepada 690 kepala keluarga yang membutuhkan,” katanya.

Mengenai pembagian telur ayam tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Desa Banjarsari sehingga seluruh kepala keluarga dapat ikut menikmati. Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan menyediakan produk pertanian, yaitu komoditas bawang merah yang dijual dengan harga Rp15.000/kg dan bawang putih dengan harga Rp25.000/kg.

Advertisement

“Dari hasil pasar murah hari ini, untuk bawang merah berhasil terjual sebanyak 50 kg dan bawang putih terjual 25 kg,” katanya.

Selain itu, terjual pula gula pasir dengan harga Rp11.000/kg sebanyak 240 kg dan beras dengan harga Rp9.000/kg. Untuk beras ini dijual dalam kemasan masing-masing berisi 5 kg. “Untuk beras ini kami bekerja sama dengan Bulog, totalnya terjual 500 kg beras,” katanya.

Untuk pelaksanaan pasar murah kedua akan dilaksanakan pada Kamis (8/6/2017) di Desa Kasreman, Kabupaten Rembang. Agus berharap pada pasar murah selanjutnya antusiasme masyarakat sama baiknya dengan pelaksanaan yang pertama.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif