News
Kamis, 8 Juni 2017 - 19:00 WIB

Kerja 2 Bulan, Pansus Angket KPK akan Habiskan Rp3,1 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan (kanan) sebelum rapat pemilihan Ketua Pansus Angket KPK di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/M Agung Rajasa)

Pansus Angket KPK akan membelanjakan Rp3,1 miliar selama 60 hari atau dua bulan ke depan.

Solopos.com, JAKARTA — Panitia Khusus (Pansus) Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) DPR memperkirakan akan membelanjakan Rp3,1 miliar dalam 60 hari ke depan guna kepentingan penyelidikan angket.

Advertisement

Ketua Panitia Angket Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan biaya itu akan digunakan untuk konsumsi rapat, mengundang saksi ahli, konsinyering hingga kunjungan ke berbagai elemen pemuka masyarakat.

“Ini untuk KPK ke depan semakin memenuhi kebutuhan kita bersama. Bukan [KPK yang membuat] pro dan kontra tapi efisien dan efektif dalam memberantas korupsi,” kata Agun di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Dia mengatakan dalam rapat perdana panitia angket telah diselesaikan pembicaraan tentang kerangka acuan kerja, tujuan, dan fungsi penyelidikan, hingga metode penyelidikan.

Advertisement

Sementara itu, dalam rapat perdana panitia angket ini, tiga fraksi tidak mengirimkan perwakilan. Ketiga fraksi yakni Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, dan Fraksi PKB. Sementara itu, meski belum menyampaikan surat resmi, dari Fraksi Gerindra muncul Desmond J. Mahesa.

“Saya hadir sebagai peninjau. Karena ini keputusan paripurna maka ini tidak ada alasan tidak mengirim,” kata Desmond.

Wakil Ketua Fraksi Demokrat Benny K Harman menyatakan pihaknya belum menentukan sikap akhir. “Belum. Tunggu saja,” katanya.

Advertisement

Menurut Agun, dengan komposisi saat ini, Pansus Angket telah diikuti F Golkar, F Nasdem, F PDIP, F Hanura, F PAN, dan FPPP. Untuk F PAN panitia angket yang dikirim bukan seperti sebelumnya yang diwakili oleh putra Amien Rais, yakni Hanafi Rais. “Fraksi PAN diwakili Muslim Ayub, Mulfachri Harahap, dan Daeng muhammad,” katanya.

Dia mengatakan bagi fraksi yang belum mengirim anggotanya dapat masuk di tengah perjalanan panitia angket. Demikian juga dengan rekomendasi akhir, dia mengatakan sangat bergantung dengan hasil akhir pemeriksaan. “Kalau dari penyelidikan tidak ditemukan apa-apa, ya sudah,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif