Teknologi
Kamis, 8 Juni 2017 - 15:45 WIB

Facebook Kini Punya Fitur Peta Bencana

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Facebook (seventeen.com)

Peta bencana ini dipakai untuk menyelamatkan para korban bencana pada kondisi darurat.

Solopos.com, SAN FRANCISCO – Facebook meluncurkan fitur terbaru berupa peta bencana, Rabu (7/6/2017). Fitur ini adalah prakarsa untuk membantu organisasi-organisasi bantuan kemanusiaan dalam menyelamatkan para korban bencana pada kondisi darurat.

Advertisement

“Ketika terjadi banjir, gempa bumi, kebakaran atau bencana alam lainnya, organisasi-organisasi tanggap darurat memerlukan informasi yang akurat secara cepat mengenai di mana orang-orang berada, demi menyelamatkan jiwa mereka,” kata pendiri dan kepala eksekutif Mark Zuckerberg dalam Facebook seperti dilansir Reuters, Kamis (8/6/2017).

“Manakala saluran-saluran komunikasi tradisional seperti saluran telepon terputus, bisa menyita waktu untuk menggambarkan di mana orang-orang yang memerlukan bantuan.”

Peta bencana ini akan mencerminan pergerakan dan lokasi orang sebelum, selama dan setelah bencana, untuk membantu badan-badan bantuan bekerja di mana mereka seharusnya mengirimkan bantuan pangan, air bersih dan pasokan medis.

Advertisement

Zuckerberg menyebut peta baru itu akan membantu menciptakan “komunitas aman, dan kami akan terus menawarkan prakarsa-prakarsa seperti ini.”

FB telah bekerjasama dengan UNICEF, Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Program Pangan Dunia, dan lainnya, dalam mengidentifikasi data apa saja yang paling dibutuhkan. Mereka semua memiliki akses ke peta baru ini, diikuti badan-badan lainnya.

Facebook menyatakan akan menyediakan tiga jenis peta bencana diantaranya peta kepadatan lokasi yang akan menunjukkan lokasi orang sebelum, selama dan setelah bencana. Kedua, peta pergerakan yang memperlihatkan penerbangan antara daerah-daerah atau kota-kota dalam beberapa jam dan peta pemeriksaan keselamatan yang akan menunjukkan kapan pengguna memungkinkan keluarga dan teman mereka mengetahui mereka sudah di luar bahaya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif