Soloraya
Kamis, 8 Juni 2017 - 08:35 WIB

1,5 Bulan Diresmikan, Begini Kondisi Pasar Klewer Solo

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung melihat-lihat barang di salah satu lorong di Pasar Klewer sisi barat, Rabu (7/6/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Jumlah pengunjung Pasar Klewer Solo setelah 1,5 bulan diresmikan sudah cukup ramai.

Solopos.com, SOLO — Jumlah pengunjung Pasar Klewer Solo yang diresmikan sekitar 1,5 bulan lalu oleh Presiden Joko Widodo dinilai sudah mengalami peningkatan meskipun belum signifikan. Diperkirakan jumlah pengunjung akan semakin bertambah pada dua pekan sebelum Lebaran.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Pasar Klewer, Rabu (7/6/2017) siang, beberapa pengunjung tampak keluar masuk pasar. Ada pula yang mengunjungi sejumlah kios di lantai semibasement, lantai I, maupun lantai II.

Meski terlihat sedikit bingung dengan kondisi pasar sisi barat yang baru dibuka pada 21 April lalu itu, mereka tetap bersemangat mencari barang yang diinginkan. Seorang pengunjung, Aji, yang datang dari Ungaran sejak pagi, mengaku sedikit bingung saat mencari lokasi kios langganannya.

Saat itu dia datang bersama kakaknya untuk mencari kain batik. “Cari batik untuk diberikan ke pelanggan di rumah. Kebetulan kakak saya jualan sayur di rumah. Setiap tahun [menjelang Lebaran] pasti ke sini untuk membeli barang,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer, Rabu.

Advertisement

Menurut Aji, Pasar Klewer selalu menjadi tujuan keluarganya untuk mencari kain batik dengan harga terjangkau. “Lebih murah di sini dan banyak pilihannya. Kalau ke Yogyakarta terlalu jauh,” kata dia.

Meski sempat kebingunan mencari kios batik langganannya, dia mengaku lebih senang dengan kondisi pasar saat ini. “Lebih tertata dan lebih bersih,” kata dia.

Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Klewer, Nugroho, berujar dibandingkan hari-hari biasa, saat Bulan Puasa ini jumlah pengunjung pasar mengalami peningkatan. “Tapi ya belum banyak. Dibandingkan tahun lalu memang lebih ramai tahun lalu. Tapi coba nanti kalau sudah mendekati Lebaran,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer, Rabu.

Advertisement

Dia memperkirakan peningkatan jumlah pengunjung akan mulai terlihat pada dua pekan sebelum Lebaran. “Apalagi nanti bersamaan dengan liburan sekolah. Semoga saja lebih ramai,” kata dia.

Dia mengatakan busana yang paling banyak diminati saat menjelang Lebaran adalah busana muslim. Sebelumnya pedagang Pasar Klewer lainnya, Arif, juga mengatakan setelah memasuki Ramadan, sudah ada beberapa pembeli yang datang mencari koleksi busana muslim yang dijualnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif