Jogja
Rabu, 7 Juni 2017 - 17:55 WIB

Sultan Menilai Kehati-hatian Lebih Penting daripada Peningkatan Keamanan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwon X meminta kepada seluruh warga di DIY untuk meningkatkan kehati-hati terhadap pengaruh tindakan terorisme

 
Harianjogja.com, JOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwon X meminta kepada seluruh warga di DIY untuk meningkatkan kehati-hati terhadap pengaruh tindakan terorisme.

Advertisement

Baca juga : TERDUGA TERORIS GUNUNGKIDUL : Penangkapan Sep Terkait dengan Bom

Menanggapi ditangkapnya seorang warga Gunungkidul berinisial RS atas dugaan keterlibatan terorisme, HB X menilai, peristiwa itu merupakan pertamakalinya warga DIY yang melibatkan langsung terhadap jaringan terorisme, meski sebelumnya tinggal di Tegal Jawa Tengah.

“Dia sebelumnya di Tegal [Jawa Tengah] kan. Ini bagi saya pengalaman pertama, orang Jogja melibatkan diri pada kondisi seperti itu [dugaan terorisme],” ungkap Sultan di Kepatihan, Rabu (7/6/2017).

Advertisement

Oleh karena itu, HB X meminta agar seluruh warga DIY agar berhati-hati terhadap pengaruh aktivitas yang bisa mengarahkan diri terlibat terorisme. Menurut Sultan, hal itu sangat berpotensi seseorang terlibat, apabila kondisi bangsa akhir-akhir ini terutama berkaitan maraknya peredaran informasi yang belum pasti kebenarannya.

“Saya mohon warga masyarakat hati-hati terhadap pengaruh pada kondisi situasi apalagi sekarang ini,” ujarnya.

Sultan menilai, terkait persoalan keterlibatan terorisme itu, terpenting bukan peningkatan keamanan. Namun yang harus dikedepankan adalah kehati-hatian masyarakat terhadap pengaruh lingkungan.

Advertisement

“Bukan keamanan, tapi bagaimana masyarakat Jogja lebih hati-hati terhadap pengaruh lingkungan, saya kok lebih baik itu. Bagi saya perlu pemikiran yang lebih jauh, kalau sampai ada masyarakat Jogja yang melibatkan diri pada terorisme,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif