Jateng
Rabu, 7 Juni 2017 - 20:50 WIB

KEUANGAN DAERAH : 4 Kabupaten dan Kota di Jateng Hanya Peroleh WDP dari BPK

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi LHP BPK (JIBI/Solopos/Dok.)

Keuangan seluruh daerah di Jateng, laporannya telah dievaluasi oleh BPK.

Semarangpos.com, SEMARANG — Empat kabupaten dan kota di Jawa Tengah (Jateng) mendapat opini Wajar Dalam Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait laporan keuangan daerahnya selama tahun 2016. Sementara, satu kabupaten, yakni Brebes, justru belum menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2016 yang diminta BPK.

Advertisement

Hal itu terungkap saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD se-Jateng 2016 oleh BPK di Gedung BPK Jateng, Semarang, Rabu (7/6/2017) petang.

Anggota V BPK, Isma Yatun, menyebutkan tahun ini hampir seluruh daerah di Jateng mengalami perbaikan dalam memberikan laporan keuangan. Terbukti, dari 35 kabupaten dan kota di Jateng, sekitar 88,57% atau 30 kabupaten dan kota di antaranya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK.

“Sementara ada empat kabupaten/kota di Jateng yang sudah menyerahkan LKPD 2016, tapi hasilnya WDP. Sedangkan, satu kabupaten belum menyerahkan, yakni Brebes,” tutur Isma.

Advertisement

Keempat kabupaten/kota yang hanya mendapat opini WDP itu, yakni Kabupaten Klaten, Rembang, Kebumen, dan Kota Tegal.

Isma berharap pemerintah di keempat kabupaten dan kota itu bisa memperbaiki laporan keuangannya tahun ini agar meraih predikat WTP.

“Laporan keuangan merupakan kewajiban yang harus dibuat oleh kepala daerah. Ini untuk membuktikan kepada publik bahwa penyelenggaraan negara yang mereka lakukan selama ini akuntabel dan transparan,” jelas Isma.

Advertisement

Sementara itu dari 30 kabupaten/kota yang mendapat predikat WTP beberapa di antaranya pada tahun lalu hanya mampu meraih WDP. Beberapa daerah itu antara lain, Kota Semarang, Kabupaten Demak, Wonosobo, Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Cilacap, Purbalingga, Kendal, Pemalang, dan Tegal.

Sementara daerah yang berhasil mempertahankan predikat WTP, antara lain Kabupaten Semarang, Kota Pekalongan, Pati, Kudus, Jepara, Sukoharjo, Wonogiri, Temanggung Banjarnegara, Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Banyumas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif