Masjid Menara di sentra Kudus saat Ramadan 2015. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho) Masjid Menara di sentra Kudus saat Ramadan 2015. (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)
Rabu, 7 Juni 2017 18:15 WIB Alvari Kunto/JIBI/Solopos Travel Share :

Ingin Tetap Asyik Melancong saat Berpuasa, Ini Tipsnya

Berpuasa bukan halangan orang untuk melancong.

Solopos.com, SOLO — Ibadah puasa wajib hukumnya bagi kaum muslim selama sebulan penuh saat Ramadan. Namun, bukan berarti ibadah ini menghalangi anda untuk travelling atau melancong.

Ada hal unik yang bisa Anda temukan saat melacong saat Bulan Puasa. Agar wisata Anda berjalan lancar, simak tips berikut yang dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (7/6/201).

1. Pahami tujuan objek wisata

Sebelum melaksanakan wisata saat Ramadan, ada baiknya Anda paham tempat yang dituju. Minimal browsing dulu informasi tentang lokasi wisata tujuan. Jika ingin sekaligus beribadah, pilih objek wisata religi. Banyak lokasi di Indonesia yang bisa Anda jadikan jujugan. Salah satunya masjid-masjid tua yang menjadi salah satu tempat syiar Islam di Pulau Jawa

2. Mulai dari lokasi terdekat

Jangan paksa mendatangi lokasi wisata yang jauh karena menguras tenaga. Pilih saja jalan-jalan santai ala wisata religi karena lebih masuk akal dan ramah di kantong. Manfaatkan undangan berbuka puasa bersama karena selain gratis juga kental dengan suasana kekeluargaan.

3. Jangan berharap layanan penuh

Saat Ramadan, hampir sebagian besar warung atau gerai makanan di sekitar objek wisata juga akan ikut tutup pada siang hari. Khusus bagi Anda yang tak berpuasa, bisa menyiasati dengan membawa bekal makanan dan minuman. Sedangkan Anda yang sedang berpuasa jangan lupa mencari tahu lokasi makan terdekat dengan objek wisata Anda. Jika tiba saatnya berbuka, Anda tak kesulitan mencari tempat makan.

4. Pilih alternatif waktu pelesir

Jika lokasi wisata yang dituju dekat dengan tempat tinggal, Anda bisa memilih datang saat menjelang sore. Hal ini sekaligus menjadi sarana ngabuburit bagi Anda dan keluarga

5. Pastikan nutrisi terpenuhi

Jadwal wisata yang melebihi tiga hari membutuhkan daya tahan tubuh mumpuni. Anda yang menjalankan puasa bisa melengkapi nutrisi tubuh saat berbuka puasa atau sahur. Pastikan mengudap makanan dan minuman yang mampu menopang kesehatan. Jadi saat siang hari, Anda tetap ceria bertualang meski dalam keadaan berpuasa.

 

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…