Jatim
Rabu, 7 Juni 2017 - 13:05 WIB

ANGKUTAN LEBARAN 2017 : 18 Bus di Terminal Madiun Kena Tilang karena Tak Laik Jalan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus transit di Terminal Purbaya Madiun menunggu penumpang, Rabu (7/6/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Angkutan Lebaran 2017, sebanyak 18 bus di Terminal Madiun dikenai tilang lantaran tidak laik jalan.

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 18 bus yang transit di Terminal Purbaya Madiun dikenai tilang lantaran tidak laik jalan. Pemeriksaan bus dilakukan untuk mempersiapkan angkutan Lebaran 2017.

Advertisement

Puluhan bus dengan berbagai tujuan yang tiba di Terminal Purbaya Madiun langsung diperiksa petugas dari Kementerian Perhubungan. Bus yang diperiksa di antaranya bus dengan tujuan Surabaya, Solo, Yogyakarta, dan bus malam.

Kasubdit Promosi dan Kemitraan Direktorat Bidang Keselamatan Kementerian Perhubungan, Ahmad Wahyudi, mengatakan pemeriksaan bus di Terminal Purbaya ini telah dilakukan sejak empat hari lalu. Setiap hari, petugas memeriksa puluhan bus yang datang ke terminal tersebut.

“Kalau hari ini, kami memeriksa bus malam. Untuk empat hari yang lalu, kami memeriksa bus jurusan Surabaya, Solo, dan Yogyakarta yang transit di Terminal Purbaya Madiun,” kata dia saat ditemui di Terminal Purbaya Madiun, Rabu (7/6/2017).

Advertisement

Wahyudi menyampaikan selama lima hari melakukan pemeriksaan, pihaknya menilang 18 bus. Sedangkan pada hari Rabu ini, pihaknya menilang lima bus malam dari 23 bus yang diperiksa.

Dia menuturkan ada lima komponen utama dalam bus yang diperiksa petugas yaitu kaca depan, speedometer, kondisi rem, fungsi kemudi, dan ban bus. Dari 18 bus yang dikenai tilang yaitu karena lima komponen dalam bus bermasalah.

Untuk bus yang kena tilang, kata Wahyudi, paling banyak karena kaca depan pecah dan lampu sein serta lampu parkir mati. Dalam kasus ini, pengemudi akan diminta memperbaiki bus di lokasi pemeriksaan.

Advertisement

“Pemeriksaan bus masih dilaksanakan hingga Kamis (8/6/2017). Setelah pemeriksaan bus ini, nantinya akan dilakukan tes urine bagi sopir bus,” jelas dia.

Lebih lanjut, tujuan dilakukan pemeriksaan ini yaitu untuk mempersiapkan angkutan Lebaran 2017 dan memastikan bus yang beroperasi laik jalan. Selain itu, pemeriksaan ini juga untuk tutorial bagi petugas terminal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif