News
Selasa, 6 Juni 2017 - 17:00 WIB

Survei Indo Barometer, Elektabilitas Jokowi Ungguli Prabowo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum DPP Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto (kanan) memberikan keterangan pers seusai melakukan pertemuan di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/11/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Survei terakhir Indo Barometer menunjukkan elektabilitas Jokowi masih mengungguli Prabowo Subianto.

Solopos.com, JAKARTA — Elektabilitas Joko Widodo kembali naik dalam survei terakhir Indo Barometer. Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhamad Qodari mengatakan, elektabilitas Jokowi kembali unggul dibandingkan beberapa kandidat presiden lainnya, termasuk Prabowo Subianto.

Advertisement

Menurut Qodari, keunggulan itu tidak saja terekam dalam survei saat ini, tetapi juga pada survei Indo Barometer pada 27 Februari 2017. Saat itu Jokowi unggul dengan elektabilitas 32,4% dan Prabowo Subianto 30,9%.

“Dengan hasil survei seperti ini, setidaknya telah mengubah peta Pilpres pada 2014, di mana Prabowo-Hatta saat itu unggul dengan perolehan suara sebesar 59,78% dan Jokowi-JK 40.22 persen,” kata Qodari, Selasa (6/6/2017).

Menurutnya, dalam pertanyaan tertutup terhadap empat nama calon presiden, Jokowi unggul dengan tingkat elektabilitas sebesar 35,8%. Sementara Prabowo Subianto berada di bawahnya dengan dukungan sebesar 29.5%. “Nama berikutnya adalah Anies Baswedan 1,5% dan Agus Harymurti Yudhoyono 0,6%. Sedangkan sisanya belum memutuskan,” kata Qodari kepada wartawan, Selasa.

Advertisement

Jika dibandingkan dengan temuan survei pada 27 Februari 2017, kata dia, Joko Widodo naik dari 30,3% ke 35,8% (naik 5,5%). Sementara itu, Prabowo Subianto naik dari 26,3% ke 29,5% (naik 3,2%).

Qodari mengatakan, jika head to head antara Jokowi vs Prabowo, maka mantan Wali Kota Solo itu tetap unggul dengan dukungan sebesar 36,3%. Sedangkan Prabowo Subianto 31,5%.

Sementara itu, Sekjen DPP Partai Golkar, Idrus Marham mengatakan bahwa salah satu dari lima permasalahan penting di Jawa Barat yakni masalah infrastruktur. Dalam skala nasional, hal itu sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi. “Itulah yang membuat elektabilitas Jokowi saat ini unggul dibandingan Prabowo,” ujar politisi Golkar itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif