Jateng
Selasa, 6 Juni 2017 - 11:50 WIB

LEBARAN 2017 : 1.000 Siswa SIP Dikerahkan Amankan Arus Mudik

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Djarod Padakova (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Lebaran 2017, pengamanan arus mudik dilakukan Polda Jateng dengan turut mengerahkan ribuan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP).

Semarangpos.com, SEMARANG – Sekitar 1.000 siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) akan dikerahkan untuk membantu pengamanan arus mudik dan arus balik saat Lebaran 2017 nanti.

Advertisement

“Total ada 10.358 personel yang akan dikerahkan oleh Polda Jateng untuk mengamankan arus mudik dan balik pada Lebaran nanti. Dari jumlah sebanyak itu, 1.000 di antaranya merupakan siswa SIP. Mereka akan kami tempatkan di jalur-jalur yang rawan kemacetan, terutama di Pantura,” tutur Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Djarod Padakova, saat berbincang dengan wartawan di Kafe Banaran, Mugas, Semarang, Senin (5/6/2017).

Selain dari aparat kepolisian, Djarod mengatakan untuk pengamanan arus mudik Lebaran nanti, pihaknya juga akan dibantu personel dari berbagai instansi, seperti TNI, BPBD Jateng, Basarnas Jateng, dan lainnya. Total nanti akan ada sekitar 11.307 personel keamanan yanga kan bertugas mengamankan musim mudik Lebaran.

“Dengan personel keamanan sebanyak itu, kami berharap akan memberikan kenyamanan bagi pemudik yang melintas di wilayah Jateng. Semoga, proses mudik yang dilakukan saudara-saudara kita yang ingin pulang ke kampung halaman berjalan lancar,” beber Djarod.

Advertisement

[Baca juga LEBARAN 2017 : Puncak Arus Mudik di Jateng Diprediksi H-2]

Djarod menambahkan untuk kesiapan menyambut Lebaran 2017, Polda Jateng juga telah melakukan sederet persiapan. Salah satu persiapan yang dilakuakan yakni memetakan titik-titik rawan kemacetan dan juga meninjau proyek tol Brebes-Gringsing yang rencana difungsionalkan saat musim mudik nanti.

Pihaknya juga memprediksi akan terjadi lonjakan kendaraan cukup besar di Jateng saat puncak arus mudik nanti. Prediksinya, puncak arus mudik terjadi pada H-1 Lebaran atau Sabtu (24/6/2017).

Advertisement

Prediksi Djarod ini tak jauh berbeda dengan apa yang disampaikan Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol. Hariyanto, saat menghadiri Rakor Ekuinda Persiapan Ramadan dan Lebaran 2017 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Selasa (23/5/2017). Saat itu, Hariyanto menyebutkan puncak arus mudik di Jateng akan terjadi pada H-2 Lebaran atau Jumat (23/6/2017).

“Kami prediksi saat puncak arus mudik nanti akan ada sekitar 67.000 kendaraan yang masuk ke wilayah Jateng. Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun lalu yang hanya berjumlah sekitar 57.000 kendaraan,” tutur Djarod.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Advertisement
Kata Kunci : Lebaran 2017 Mudik 2017
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif