Jogja
Selasa, 6 Juni 2017 - 15:20 WIB

JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Jalur Menuju Bandara Jogja Diwaspadai

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja menggarap proyek perbaikan Jembatan Sorogenen di Jalan Jogja-Solo, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan.

Dirlantas Polda DIY melakukan pengecekan kesiapan jalur mudik secara intensif guna memastikan ruas jalan siap digunakan pemudik nanti

Harianjogja.com, SLEMAN-Dirlantas Polda DIY melakukan pengecekan kesiapan jalur mudik secara intensif guna memastikan ruas jalan siap digunakan pemudik nanti. Aparat juga mengantisipasi sejumlah objek wisata yang dekat dengan jalur transportasi seperti di wilayah Gunungkidul.

Advertisement

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Usman Latif mengatakan jika update mengenai sejumlah proyek pengerjaan maupun perbaikan di jalur mudik terus dilakukan. “Kita selalu update kapan selesai, ada target ada timelinenya,” ujarnya pada Senin(5/6/2017).

Ia menilai titik yang paling vital ialah Jembatan Sorogenen yang berada di ruas jalan Jogja-Solo dan dekat dengan Bandara Internasional Adisutjipto. Meski demikian, dipastikan pengerjaan objek tersebut akan selesai pada H-14 Lebaran atau sekitar 11 Juni mendatang. Hal ini juga menurutnya telah dikoordinasikan dengan pihak yang mengerjakan proyek perbaikan tersebut.

Namun, Kombes Usman menerangkan jika tetap disiapkan skenario apabila sejumlah pengerjaan tersebut tidak bisa selesai tepat waktu. Setidaknya, personil kepolisian akan memberlakukan sistem buka tutup tergantung situasi yang dihadapi. Semua jalur utama masuk dan keluar Jogja dianggap rawan khususnya untuk kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

Selain itu, antisipasi juga dilakukan untuk jalan-jalan yang menghubungkan dan dekat dengan objek wisata. Hal ini didasari kebiasaan masyarakat yang seringkali berwisata bersama keluarga memanfaatkan momen libur Lebaran.

Antisipasi utama akan dilakukan di jalur menuju Gunungkidul. Direncanakan pula akan diadakan pos pengamanan di Piyungan, Bantul bekerja sama dengan Dinas Perhubungan.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, pengerjaan di Jembatan Sorogenen sudah memasuki tahap akhir. Meski demikian, penerapan 1 jalur kendaraan masih dilakukan untuk kendaraan yang datang untuk masing-masing dari barat dan timur. Sementara itu, jalur alternatif Jogja-Solo di wilayaha Desa Bimomartani, Ngemplak diketahui sudah selesai diaspal dengan lebar jalan yang memadai.

Advertisement

Baca juga :

JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Sleman Punya 3 Jalur Utama dan 2 Jalur Alternatif
JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Perbaikan Jalan Dikebut
JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Macet di Gunungkidul Bukan Arus Mudik, tapi Ini Penyebabnya
JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Pekan Ini, Kondisi Jalan Disurvei
JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Dishub DIY Mulai Petakan Rawan Titik Rawan Macet dan Lakalantas

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif