News
Selasa, 6 Juni 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 6 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan awal video game Tetris. (Vadim.oversigma.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Juni, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi dari tahun ke tahun pada 6 Juni. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum peristiwa-peristiwa penting itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 6 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

913
Kaisar Bizantium Alexander III meninggal dunia karena kelelahan saat bermain tzykanion, sejenis permainan polo di Kekaisaran Bizantium. Ia lantas digantikan keponakannya yang masih berusia delaparn tahun, yakni Konstantinus VII.

1513
Pertempuran Novara yang melibatkan pasukan Prancis dan pasukan Swiss meletus di dekat Novara, sebelah utara Italia. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Swiss berhasil menang dan mengusir pasukan Prancis dari kawasan Novara dan Milan. Massimiliano Sforza kembali menjabat sebagai pemimpin Milan setelah sempat digulingkan pasukan Prancis.

Advertisement

1513
Pertempuran Novara yang melibatkan pasukan Prancis dan pasukan Swiss meletus di dekat Novara, sebelah utara Italia. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Swiss berhasil menang dan mengusir pasukan Prancis dari kawasan Novara dan Milan. Massimiliano Sforza kembali menjabat sebagai pemimpin Milan setelah sempat digulingkan pasukan Prancis.

1644
Pasukan Dinasti Qing di bawah pimpinan Kaisar Shunzhi merebut Kota Beijing di Tiongkok dari tangan Dinasti Ming. Peristiwa tersebut menjadi awal runtuhnya Dinasti Ming dan awal berjayanya Dinasti Qing di Tiongkok.

1808
Kakak Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, Joseph Bonaparte, dinobatkan sebagai raja di Spanyol. Ia memimpin Spanyol sampai 1813 setelah dirinya mengundurkan diri karena kerjaan yang ia pimpin mengalami kemunduran. Setelah turun takhta, banyak yang menduga Joseph tinggal di benua Amerika.

Advertisement

1944
Setelah dibombardir menggunakan pesawat tempur milik Inggris, tembok pertahanan Jerman di kawasan pantai di Normandia yang disebut dengan Tembok Atlantik diserbu lebih dari 150.000 tentara Sekutu. Penyerbuan itu disebut dengan Operation Overlord atau Operasi Maharaja. Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower menjadi komandan dalam penyerbuan itu. Dalam penyerbuan tersebut, Jerman menelan kekalahan dengan tewasnya ratusan ribu tentaranya dan hilang atau hancurnya ribuan alat tempur yang dimiliki.

Tank milik Australia saat terlibat Pertempuran Long Khanh di Privinsi Long Khanh, Vietnam Selatan, 1971. (Wikimedia.org)

1971
Pertempuran Long Khanh meletus di Provinsi Long Khanh, Vietnam Selatan. Pertempuran itu melibatkan pasukan Australia dan pasukan Vietnam Utara. Pasukan Australia berhasil menang dalam pertempuran itu setelah pasukan Vietnam Utara menarik diri dari Provinsi Long Khanh.

Advertisement

1975
Regu putri Indonesia untuk kali pertama berhasil meraih gelar juara dalam ajang bulu tangkis bergengsi khusus wanita, Piala Uber. Dalam ajang Piala Uber yang juga kali pertama digelar di Jakarta itu, Indonesia menang atas Jepang di laga final dengan skor 5-2. Regu Indonesia yang menjuarai Piala Uber untuk kali pertama tersebut terdiri atas Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Soemirah, Minarni Soedaryanto, dan Regina Masli.

Tentara Lebanon berjaga di Kota Lebanon selama Perang Lebanon, 1982. (Wikimedia.org)

1982
Perang Lebanon meletus setelah pasukan Israel menyerang kawasan Lebanon bagian selatan. Serangan Israel itu akhirnya meluas hingga kawasan Lebanon bagian utara. Perang tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga tahun. Meski perang berlangsung cukup lama, Israel gagal menunaikan misinya, yakni mencaplok beberapa kawasan di Lebanon.

Advertisement

1985
Video game Tetris resmi dirilis di Amerika Serikat (AS). Walaupun Tetris pada awalnya muncul pada komputer rumahan, permainan ini lebih sukses pada versi Gameboy yang dirilis pada 1989 yang membuatnya sebagai permainan paling populer sepanjang masa.

2002
Asteroid berjarak sangat dekat dengan bumi yang diperkirakan berdiameter 10 meter meledak di atas Laut Tengah, dekat Yunani dan Libya. Ledakan yang dihasilkan diperkirakan berkekuatan 26 kiloton. Ledakan itu lebih dahsyat dibanding ledakan bom nuklir di Nagasaki, Jepang pada 1945 silam. Kejadian itu dikenang dengan nama Peristiwa Mediterania Timur. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 3 Juni

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif