Jogja
Senin, 5 Juni 2017 - 18:20 WIB

JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Sleman Punya 3 Jalur Utama dan 2 Jalur Alternatif

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Pemudik Sepeda Motor JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Persiapan infrastruktur jalan untuk arus mudik terus dilakukan

 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN – Sleman sendiri memiliki tiga pintu utama yang bisa dilalui pemudik. Ketiga jalur utama itu berada di sisi Barat, Timur, dan Utara. Dari Barat melalui Jalan Wates, Gamping. Untuk Timur melalui Jalan Jogja–Solo Prambanan, dan Utara melewati Jalan Magelang, Tempel.

Selain jalur utama, ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik. Bila arus lalin dari Muntilan atau Magelang ke Jogja meningkat hingga berujung pada kemacetan Dishub akan mengalihkan arus kendaraan pemudik.

“Ada dua alternatif yang bisa digunakan. Pemudik bisa dialihkan melalui jalur ke Tempel, Moyudan, jalan Wates untuk rute ke Barat (Purworejo). Atau melalui jalur Tempel, Turi, Pakem, Cangkringan untuk rute ke Timur (Solo),” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Sulton Fathoni, Jumat (2/6/2017).

Advertisement

Sementara jalur alternatif yang dapat digunakan pemudik dari arah Solo bisa melewati jalur rute Cangkringan, Pakem, Turi, Tempel. Kendaraan pemudik juga akan dipecah jika terjadi kemacetan melewati jalan Piyungan dan jalan Wonosari untuk mencapai jalan Wates.

Dishub juga mewaspadai empat jalur rawan kecelakaan. Meliputi sepanjang jalan Jogja-Magelang, jalan Wates-Gamping, sepanjang ringroad Utara dan jalan Jogja-Solo.

Selain menambah rambu-rambu dan papan-papan informasi bagi para pemudik, Dishub juga masih menginventarisasi penambahan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di beberapa titik.

Advertisement

Hal itu dilakukan agar pemudik yang berangkat malam hari dapat penerangan yang cukup. “Sedang kami koordinasikan dengan bidang lainnya,” jawabnya.

Berita terkait :

JALUR MUDIK LEBARAN 2017 : Dishub DIY Mulai Petakan Rawan Titik Rawan Macet dan Lakalantas

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif