Jateng
Sabtu, 3 Juni 2017 - 05:50 WIB

Wali Kota Semarang Ajak Tanamkan Pancasila dari Keluarga

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat berkunjung ke Kampung Pelangi di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jateng, Kamis (18/5/2017). (Instagram-@official_pemkotsmg)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berkeyakinan penanaman nilai-nilai Pancasila terbaik dimulai dari entitas keluarga.

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengingatkan penanaman nilai-nilai Pancasila dimulai dari entitas keluarga dalam mendidik anak-anaknya. “Keluarga memiliki peran penting dalam menanamkan pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia,” katanya di Kota Semarang, Kamis (1/6/2017).

Advertisement

Hendi—sapaan Hendrar Prihadi—memaparkan keyakinannya itu saat merefleksikan Hari Lahir Pancasila. Menurutnya, generasi muda yang kelak menjadi penerus bangsa perlu dikuatkan dengan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pedomannya hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tentunya, sambung dia, keluargalah yang berperan penting secara dini mengantisipasi masuknya paham dan gerakan radikal yang mencoba memengaruhi anak-anak muda sebagai generasi bangsa. Menurut dia, dalam keluarga terjadi proses pendidikan yang tidak bisa didapatkan dari entitas lainnya, termasuk sekolah sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Bangsa Indonesia sedang dalam proses pembangunan yang lebih baik. Jangan sampai ada oknum yang mencoba merongrong ideologi bangsa yang justru menjadi penghambat pembangunan,” katanya.

Advertisement

Jika sampai pembangunan bangsa Indonesia terhambat, lanjut dia, justru masyarakat Indonesia yang akan rugi karena bangsanya kalah bersaing dengan negara-negara yang lainnya. Hendi pun mengimbau generasi muda untuk dapat mengisi perjuangan pendiri bangsa dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan bukannya malah mempertanyakan dasar negara.

“Sudah menjadi jawaban bahsa Pancasila sebagai dasar negara kita hari ini dan selamanya. Sebab, pendiri bangsa sudah merumuskan cukup lama pada saat memerdekakan bangsa ini,” tegasnya.

Momentum 1 Juni yang diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, kata Hendi, harus bisa dihayati seluruh komponen bangsa untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif