News
Sabtu, 3 Juni 2017 - 17:35 WIB

Presiden Jokowi Tanggapi Isu PKI, "Ini Tidak Logis!"

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi. (JIBI/Solopos/Antara/Harviyan Perdana Putra)

Presiden Jokowi menanggapi isu kebangkitan PKI yang sering dipakai untuk memfitnah dirinya.

Solopos.com, MALANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan langsung “menggebuk” gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) jika muncul kembali. Pernyataan itu merespons rumor tentang kebangkitan PKI, apalagi dikait-kaitkan dengan dirinya yang dinilai tidak logis.

Advertisement

“Jadi, kalau ada tunjukkan pada kita, tunjukkan pada saya, saya akan gebuk detik itu juga,” kata Presiden saat berbicara di acara Kajian Ramadan 1438 Hijriah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah Malang Dome, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (3/6/2017).

Jokowi mengungkapkan banyak beredar isu yang menyebut saat ini PKI bangkit. “Pertanyaannya di mana? Di mana? Karena jelas, sudah jelas, di konstitusi kita jelas, Tap MPR bahwa PKI, komunis dilarang di negara kita Indonesia,” tegasnya.

Presiden mengatakan bahwa keberadaan PKI saat ini dibuat seolah ada lagi dan dinilai dirinya melindunginya. “Sudah dikarang, kok. Apalagi, disorongkan kepada saya, seolah saya melindungi. Melindunginya di mana?” tanya Presiden.

Advertisement

Jokowi menjelaskan bahwa saat PKI dibubarkan dirinya masih berumur 3 tahun. “Ini enggak logis, lalu ditarik orang tua saya,” kata Presiden.

Jokowi menegaskan bahwa pada era keterbukaan seperti saat ini, informasi apa pun tidak bisa disembunyikan. “Mengecek kan gampang sekarang. Muhammadiyah punya, di Solo juga ada. Dicek saja, orang tua kita tinggal di mana? Di kampung mana? Di desa mana? Kakek nenek kita siapa saja bisa dicek. Sangat mudah pada era keterbukaan sekarang ini,” kata Jokowi.

Presiden mengaku sebenarnya malas menanggapi isu tersebut. “Sebetulnya saya juga malas menanggapi. Akan tetapi, karena sekarang ada kesempatan saya ngomong lah. Karena ini forum besar,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Presiden Jokowi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif