Jogja
Jumat, 2 Juni 2017 - 18:55 WIB

PENDAPATAN DAERAH : XT Square Setor Rp250 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto dengan latar belakang gambar 3 dimensi di wahana De Mata Trick Eye Museum yang terdapat di XT Square di Jalan Veteran, Jogja, Minggu (22/12/2013) lalu. Pengunjung dapat mengabadikan sensasi tipuan mata di dalam museum yang memiliki 120 gambar tiga dimensi tersebut. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pasar seni dan kerajinan XT Square mulai memberi keuntungan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jogja

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pasar seni dan kerajinan XT Square mulai memberi keuntungan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Jogja. Pasar yang dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Jogjatama Vishesha itu baru pertama kalinya menyetor PAD sejak beroperasi 2012 lalu.

“Sudah kita setorkan ke Pemkot Rp250 juta. Itu keuntungan 2016 yang baru bisa kami setorkan di tahun ini,” kata Direktur Operasional dan Pemasaran PD.Jogjatama Vishesha, Widihasto Wasana Putra, Kamis (1/6/2017).

Hasto, sapaan akrab Widihasto Wasana Putra, mengatakan Museum De Mata dan De Arca selama ini masih menjadi andalan pendapatan di XT Square. Setiap tahun pengunjung musem patung dan tiga dimensi itu meningkat. Bahkan dalam momen liburan akhir pekan atau long weekend tercatat ada 5.000 pengunjung ke musem itu.

Advertisement

Sementara 100 pedagang di zona kerjinan masih terus dilakukan pembinaan. Mereka selama ini menjajakan kerajinan batik, logam, batu, dan kulit. Sementara di bagian luar ada 26 pedagang kiliner yang mulai banyak dikunjungi.

Hasto optimis XT Square akan terus mengalami peningkatan. Bahkan bisa menjadi pilihan wisata alternatif di kota Jogja, selain Malioboro dan komplek Kraton, “Apalagi ada larangan bus masuk kota maka larinya nanti pada ke XT Square,” kata Hasto.

Pihaknya terus melakukan pembenahan untuk menarik pengunjung. Dalam waktu dekat ini akan ada tambahan wahana baru yang menggunakan teknologi multimedia untuk mengisi di blok C2.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif