Jateng
Jumat, 2 Juni 2017 - 20:19 WIB

MUDIK 2017 : Gubernur Instruksikan BPBD Bantu Evakuasi Pemudik Terjebak Macet

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur Ganjar turut mengurai kemacetan di Brebes pada masa musim mudik Lebaran 2016. (Facebook.com-Siti Atikoh)

Mudik Lebaran 2017 dipastikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tak akan lagi membuat pemudik yang terjebak macet.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk membantu mengevakuasi pemudik yang terjebak macet saat musim mudik Lebaran 2017. Personel BPBD Jateng bakal ditempatkan di sejumlah titik yang rawan kemacetan.

Advertisement

Saat menjadi inspektur apel latihan pengelolaan logistik pada darurat bencana BPBD Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/6/2017), Gubernur Ganjar mengatakan bahwa pengalaman buruk berupa kemacetan parah di Brebes Exit pada musim mudik Lebaran 2016 lalu yang membuat pemudik kelaparan, sulit mendapat akses toilet, dan penanganan medis, tidak boleh terulang. “Pengalaman dari macet Brexit kemarin ternyata tidak ada tim khusus yang bisa digerakkan [untuk menembus kemacetan], lalu saya mencoba menggerakkan BPBD dan ternyata bisa bergerak jauh lebih cepat,” katanya.

Terkait dengan hal itu, Ganjar berharap jajaran BPBD di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota untuk berlatih menggunakan berbagai peralatan pendukung, manajemen logistik, dan responsif terhadap persoalan. Contohnya, sambung Ganjar, bagaimana mengerahkan peralatan yang dimiliki untuk membuat toilet darurat, mengirim logistik agar tidak ada pemudik yang kelaparan di tengah kemacetan, atau mengevakuasi orang di tengah macet yang membutuhkan pertolongan atau tim medis.

Kendati demikian, orang nomor satu di Provinsi Jateng itu berpesan agar anggota BPBD tetap menghormati perasaan masyarakat karena dalam kondisi darurat maupun bencana, perasaan takut dan sedih akan menghinggapi para korban. “Kita harus bereaksi dengan cepat tapi tidak grusa-grusu karena orang yang akan kita tolong itu dalam kondisi yang tegang, sedih, sehingga menjaga perasaan mereka menjadi hal yang penting,” ujarnya.

Advertisement

Menanggapi instruksi Gubernur Jateng tersebut, Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana mengaku sedang menyiapkan tim untuk memberikan respons cepat saat terjadi keadaan darurat pada musim mudik Lebaran 2017 mendatang, termasuk yang dipicu kemnacetan arus lalu lintas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif