News
Rabu, 31 Mei 2017 - 01:00 WIB

VIDEO UNIK : Kertas Bisa Jadi Benda Tajam, Ini Buktinya!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kertas memotong batok kelapa. (Istimewa/Youtube/Mr Hacker)

Video unik kali ini tentang percobaan memotong benda-benda keras menggunakan tiga lembar kertas.

Solopos.com, SOLO – Youtube dipenuhi dengan video-video unik tentang percobaan-percobaan yang belum banyak diketahui banyak orang. Salah satunya adalah video yang diunggah akun Mr. Hacker. Di salah satu video terbarunya, akun tersebut mendemonstrasikan kemampuan kertas memotong benda-benda keras.

Advertisement

Akun Mr. Hacker mengunggah video berjudul What can you cut with paper? [Apa yang bisa Anda potong dengan kertas?], Senin (17/4/2017). Video tersebut mengganti piringan besi di alat pemotong besi dengan piringan kertas.

Pertama-tama mengambil tiga lembar kertas dan dipotong sesuai dengan luas piringan besi pemotong. Kemudian ketiga lembar kertas dilem menjadi satu. Setelahnya kertas dibentuk menjadi lingkaran sesuai dengan diameter piringan besi pemotong. Setelah sesuai, kertas bisa dipasang di alat pemotong besi.

Jika melihat tingkat kelembutan kertas, rasanya tidak mungkin kertas bisa memotong benda-benda keras seperti kayu, pipa, pensil, hingga kelapa. Namun, saat diputar di alat pemotong besi, piringan kertas memiliki daya potong yang mirip dengan piringan besi. Piringan kertas itu bisa memotong kardus, tutup botol, pensil, pipa, kayu, batok kelapa, dan bola-bola karet.

Advertisement

Si pembuat video tampak memanfaatkan sayatan kertas saat diputar di mesin pemotong. Ia tidak menabrakkan piringan kertas ke benda yang akan dipotong karena struktur kertas tak seperti besi. Piringan kertas itu tampak sobek karena didorong terlalu cepat saat digunakan untuk memotong bola-bola karet.

Di percobaan terakhir, pembuat video mencoba membelah batok kelapa. Piringan kertas harus dihadapkan dengan batok kelapa secara bertahap. Perlahan tapi pasti, piringan kertas itu memotong batok kelapa menjadi dua bagian.

Video tersebut mendapat respons unik dari warganet. Akun Rhe_Ultraviolet menganggap kertas menjadi keras dan tajam karena lem yang dipakai. Spekulasi itu didukung oleh akun Danaphanous.

Advertisement

Saya memikirkan hal yang sama. Lem kering jauh lebih keras dari kertas. Dia mengubah tingkat kekerasan kertas karena menggunakan lem,” ungkap akun Danaphanous.

Advertisement
Kata Kunci : Video Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif